Senin, 26 September 2011

10 Fakta Menarik Tentang Thomas Alva Edison



1 . Sulitmendengar, bukan tuli
Edison kerap kali disebut tuli. Padahal ia bukan sama sekali tidakbisa mendengar, namun memiliki kesulitan untuk mendengar secara sempurna.Penyebabnya berbeda menurut beberapa sumber. Ada yang menyebut karena demamketika ia masih kecil serta beberapa kali infeksi bagian tengah telinga yangtidak diobati. Ada juga yang menyebutkan karena telinganya dipukul kondekturkereta api ketika laboratorium kimianya di gerbong barang terbakar.

2 . Suratkabar di atas kereta pertama
Kegemaran Edison bereksperimen di gerbong kereta api membuatnyamemiliki laboratorium di dalam gerbong barang meski akhirnya laboratorium ituterbakar. Edison kemudian membangun kembali laboratorium kimia dan percetakandi bagasi mobil. Dari sinilah ia mempublikasikan Grand Trunk Herald yangmerupakan surat kabar pertama yang dipublikasikan di atas kereta.

3 . Dot danDash
Edison memiliki 3 orang anak dari pernikahannya dengan MaryStilwell. Dua orang anaknya diberi nama panggilan unik, Dot (Marion EstelleEdison) dan Dash (Thomas Alva Edison Junior), yang diduga diambilnya darilambang yang digunakan dalam sandi Morse yaitu titik “.” dan garis “-”.

4 . MelamarMina dengan kode Morse
Setelah Mary Stilwell meninggal dunia, Edison bertemu Mina Milleryang adalah seorang anak penemu, Lewis Miller. Ia mengajari Mina kode Morseagar mereka dapat berkomunikasi secara rahasia dengan ketukan kode di tanganmereka. Suatu hari Edison bertanya kepada Mina: .- – ..- .-.. -.. -.- – ..- –.- .-. .-. -.- – . yang kemudian dijawab Mina dengan: -.- . … Tak lamakemudian, keduanya pun menikah.

5 . Menolakdisebut gagal
Edison memprotes sebuah surat kabar yang memuat judul beritautama: “Setelah 9.955 kali gagal menemukan bola lampu pijar, Edison akhirnyaberhasil menemukan lampu yang menyala”. Ia meminta judul berita itu diganti.Keesokan harinya, atas permintaan Edison, surat kabar itu mengganti judulberita utamanya menjadi: “Setelah 9.955 kali berhasil menemukan lampu yang gagalmenyala, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”

6 . Patenpertama yang gagal
Pada tahun 1869, di usianya yang ke-22, Edison memperoleh patenpertamanya untuk mesin perekam suara telegrafik yang dirancangnya untuk badanlegislatif. Dengan alat itu, setiap anggota badan legislatif cukup menggerakkansatu tombol pada mesin yang akan merekam RUU yang dipilihnya. Sayangnya, alattersebut ditolak badan legislatif karena cara kerjanya yang lambat.

7 . Mesintato
Pada tahun 1876, Edison mematenkan Stencil-pens, sebuah alat yangkemudian dimodifikasi Samuel O’Reilly untuk menjadi mesin tato pertama. Namunia tetap dianugerahi penghargaan atas penemuan mesin tato yang pertama.

8 . Laboratorium risetindustri pertama
Setelahmenjual quadruplex telegraf yang dibeli Western Union seharga $10 ribu, Edisonmenggunakan uang yang diperolehnya untuk membangun sebuah tempat yang sengajaakan dikhususkannya untuk terus menghasilkan serta mengembangkan produk inovasiteknologi. Tempat yang terletak di Menlo Park, New Jersey itu akhirnyaberkembang menjadi laboratorium riset industri pertama di dunia.

9 . Penyihir Menlo Park
Julukantersebut didapat Edison setelah berhasil menemukan fonograf pada tahun 1877sekaligus mengangkat popularitasnya. Pencapaian itu sangat tidakdisangka-sangka oleh banyak orang sehingga tampak seperti sihir. Fonografpertamanya berhasil merekam suara pada kertas timah yang mengelilingi sebuahsilinder beralur. Namun kulitas suara yang dihasilkan masih buruk dan hasilrekamannya hanya bisa diputar ulang beberapa kali saja.
 
10 . Listrik untuksemua
Konsepdan implementasi pembangkit tenaga listrik beserta pendistribusiannya ke rumah,kantor, dan pabrik sangat penting dalam perkembangan dunia industrialisasimodern. Edison lah yang pertama kali muncul dengan konsep itu. Pembangkittenaga listriknya yang pertama dibangun di Manhattan Island, New York pada1882.

SUmber: Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar