Selasa, 13 September 2011

10 Mitos Dibidang I.T.




Mitos adalah cerita yang tumbuh berkembang di masyarakat yangtidak jelas kebenarannya tetapi dianggap benar oleh si pembuatnya atau merekayang menganutnya. Mitos ini biasanya mengakar dan butuh proses serta waktu bagimereka yang menganutnya untuk menyadari bahwa apa yang mereka percayai itutidaklah benar.
Di dunia TI (Teknologi Informasi) pun berkembang beberapa mitos.Umumnya mitos ini muncul melalui proses awal yang memang benar terjadi ataumelalui praduga dan sampai sekarang beberapa mitos di dunia TI tersebut masih‘tersimpan kuat’ di pikiran kita.
Apa sajakah mitos di dunia TI itu? Berikut 10 mitos yangberkembang di dunia TI dan beberapa diantaranya masih begitu kuat untukdihilangkan, seperti diringkas dari vnunet :

1.    Perusahaan pembuat antivirus menulis kebanyakan virus komputer

Sering muncul pandangan bahwa virus-virus komputer yang beredarditulis sendiri oleh perusahaan pembuat antivirus dan pandangan tersebutberedar luas hingga saat ini. Padahal yang banyak beredar saat inikebanyakannya adalah virus-virus komputer yang dibuat oleh script kiddies yangmeniru atau merubah kode sumber virus milik seseorang. Dan pandangan sepertiini tidak perlu muncul apabila kita tahu para pembuat antivirus tidak akanmenyibukkan dirinya dengan membuat virus itu sendiri karena sehari-harinya punmereka menghadapi ratusan dan bahkan mungkin ribuan virus komputer.

2.    Semakin besar daya CPU = semakin cepat komputer

Pandangan ini sudah berkembang selama dua dasawarsa. Banyak orangyang beranggapan semakin besar clockspeed prosesor yang ditandai dengan mhzmaka akan semakin cepat sebuah komputer. Yang tepat adalah kecepatan sebuahprosesor memiliki pengaruh sangat sedikit terhadap kinerja keseluruhankomputer, masih ada faktor-faktor lain yang lebih dominan misalkan : Ukurancache, kemampuan grafis dan waktu akses hard disk.

3.    Internet dikembangkan agar bisa selamat dari perang nuklir

Mitos seperti ini muncul dengan skenario dimana protokol internetdikembangkan agar nantinya ketika terjadi serangan nuklir maka bagian jaringankomputer yang rusak dapat segera dialihkan melalui jalur internet dan alirandata tetap lancar bagi kepentingan dunia barat. Tapi mitos ini tidak pernahterbukti, sampai sekarang internet tetap netral dan semakin luas penggunaannya.

4.    Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan didapat dengankomputer yang makin cepat

Di film-film fiksi ilmiah sering digambarkan sebuah robot yangmemiliki kecerdasan dan perasaan layaknya seorang manusia dan itu didapat darikomputer yang semakin cepat. Hal tersebut tidaklah benar, meskipun komputersekarang semakin cepat tapi untuk membuat sebuah robot yang memiliki kecerdasanbuatan layaknya manusia tidak hanya melulu persoalan komputer yang cepat karenaselain itu juga berkaitan dengan psikologi yang rumit yang sampai sekarang punbelum dapat dijabarkan.

5.    Apple/Linux pasti lebih aman dibanding Windows

Jika anda berpikir bahwa sistem yang berbasiskan sistem operasibuatan Apple (Mas OS X) dan Linux pasti lebih aman dibandingkan yang berbasisWindows maka pendapat anda tidak sepenuhnya tepat. Windows sering disebutsebagai sistem operasi paling rentan dikarenakan mereka yang menjadikan Windowssebagai target begitu ‘bersemangat’ dan bernilai karena pengguna Windowsterbanyak di dunia. Untuk Mac OS X pun sering mendapatkan patch keamanan, meskisering terlambat dan untuk Linux pun tidak jauh beda, hanya saja di Linux yangberbasiskan komunitas maka setiap ada masalah keamanan akan ada banyak orangyang cepat bereaksi untuk mengatasinya.

6.    Hacker dapat menyebabkan perang dunia ketiga

Dalam banyak film atau cerita sering digambarkan bahwa seoranghacker dapat menerobos fasilitas militer suatu negara yang memiliki senjatanuklir dan membuat ‘chaos’ dengan keisengannya mengarahkan nuklir yang dimilikike negara lain. Mengerikan bukan jika hal itu bisa benar-benar terjadi dansampai dengan saat ini hal seperti itu belum pernah terjadi karena memang tidaksemudah seperti apa yang digambarkan di film/cerita untuk bisa menerobos masukke sistem pertahanan komputer militer suatu negara. Yang justru harus lebihmenjadi perhatian adalah faktor human error (kesalahan manusia) dan kegagalansistem.

7.    Komputer akan bertahan lama manakala dibiarkan menyala

“Lebih baik tetap nyalakan komputer anda agar lebih awet”, sepertiitulah yang banyak diucapkan orang dulu. Mitos ini seiring dengan perkembanganhardware komputer menjadi tidak berlaku lagi. Dahulu untuk menyalakan komputermemang dibutuhkan daya listrik yang besar dan untuk menjaga kestabilan suhu didalamkomputer dianjurkan untuk tidak terlalu sering menyalakan dan mematikankomputer (zaman mainframe). Tapi itu tidak berlaku lagi untuk komputer di zamansekarang.

8.    Komputer Macs tidak kompetibel dengan apapun

Dulu, mitos bahwa komputer Macs tidak kompetibel dengan apapunbegitu kental dan itu tidak sepenuhnya benar. Sekarang ini sejak Applemenggunakan prosesor Intel maka di komputer Macs dapat berjalan sistem operasiWindows juga dan sejak dulu aplikasi-aplikasi besar seperti Office danPhotoshop tidak pernah memiliki masalah untuk berjalan di Macs.

9.    Bill Gates adalah seorang programmer yang luar biasa

Jika sampai sekarang kita masih berpikiran bahwa seorang BillGates, pendiri micr*soft, adalah seorang programmer yang hebat nan luar biasamaka baiknya dibuang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Meski Bill Gates memilikikemampuan programming diatas sebagian dari kita tetapi programmer hebat dibalikkesuksesan sistem operasi buatan micr*soft adalah Paul Allen. Bill Gates memangboleh kalah dibanding Paul Allen tapi dia adalah seorang pengusaha yangmemiliki naluri yang sangat tajam yang bisa membawa micr*soft berjaya dibeberapa puluh tahun terakhir ini.

10.  Perusahaanharus mengganti sistemnya 2 sampai 3 tahun sekali

Memang benar bahwa perkembangan dunia komputer begitu cepat tapiadanya mitos untuk mengharuskan mengganti sistem setiap 2 sampai 3 tahun sekaliadalah tidak sepenuhnya benar. Umumnya komputer yang digunakan perusahaan hanyamemerlukan program seperti Office suite, browser web dan klien email sehinggatidak perlu mengganti keseluruhan sistem dalam jangka waktu yang cukup pendek(2-3 tahun). Dan bahkan dengan sebuah netbook hampir 90% pekerjaan kita dapatdiselesaikan.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar