Jumat, 09 September 2011

Efek Berhenti Merokok Dalam Hitungan Menit


Hampir sebagian besar orang tahu bahaya yang ditimbulkan darisebatang rokok. Namun, menghilangkan kebiasaan merokok tidaklah semudahmembalikkan telapak tangan. Untuk bisa berhenti merokok haruslah didasarkan padakeinginan, tekad dan komitmen yang besar dari dalam diri orang yangbersangkutan. Tidak jarang, setiap kali Anda mengubah kebiasaan untuk berhentimerokok, tubuh akan membuat satu reaksi.
Efek samping dari berhenti merokok mencakup berbagai gejala sepertimental dan fisik. Namun jika Anda mampu bertahan dan dapat mengubah kebiasaanmerokok, akan banyak efek positif yang Anda dapat. Inilah efek berhenti merokoksecara bertahap dari mulai hitungan menit hingga hitungan tahun :

* 20 menit :
Nikotin dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yangmenyebabkan peningkatan risiko serangan jantung. Jika dalam 20 menit Anda mampuberhenti merokok, detak jantung dan tekanan darah akan turun secara normal.

* 8 jam :
Tidak merokok selama 8 jam, akan membuat kadar nikotin dan tingkatkarbon monoksida dalam darah berkurang, hal ini juga menyebabkan penurunanrisiko serangan jantung. Oksigen dalam darah Anda juga akan meningkat menjadinormal.

* 24 jam :
Kemungkinan Anda mengalami risiko serangan jantung menurun. Semuakarbon monoksida dan nikotin keluar dari tubuh. Ujung saraf Anda mulai kembalitumbuh mengarah pada peningkatan kemampuan indra penciuman dan perasa.

* 48 jam :
Inilah bagian yang sulit, karena dalam 48 jam Anda akan mengalamiefek samping yang buruk seperti sakit perut, muntah dan juga kemungkinanmengalami hipotermia. Tetapi manfaat lain akan Anda dapatkan, di antaranyamenurunkan risiko kerusakan paru-paru dan kanker paru-paru.

* 72 jam :
Tabung bronkial mulai rileks dan bernapas menjadi lebih mudah.

* Setelah 2 minggu :
Fungsi paru meningkat sampai 30% sehingga sirkulasi darahmeningkat. Berjalan menjadi lebih mudah. Tapi juga dapat menyebabkan gejalapenarikan diri seperti mudah tersinggung, sakit kepala, dan kecemasan, yangmengapa obat antidepresan bekerja dengan baik dalam berhenti merokok.

* Antara 1-9 bulan :
Silia di paru-paru mulai berfungsi dengan baik dengan membersihkanparu-paru lendir, sehingga dapat mengurangi risiko infeksi.

* Setelah 1 tahun :
Risiko Anda menderita penyakit yang berhubungan dengan merokokseperti serangan jantung akan berkurang setengah dibandingkan saat satu tahunyang lalu.

* Setelah 10 tahun :
Risiko terkena serangan jantung dan kanker paru-paru sama sepertiseseorang yang belum pernah merokok. Begitu pula pada risiko penyakit lainnyaseperti, kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, leher rahim,dan pankreas juga akan berkurang.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar