Rabu, 28 September 2011

Cara-cara Mengusir Rasa Cemas



Apa jadinya hidup ini jika melulu diselimuti kecemasan dan kegelisahan. Maubegini takut, mau begitu nggak berani. Akhirnya malah bingung sendiri dan bikinstres.  Adalah rasa takut yang memang menjadi biang keladi dalam hal ini. Entah iturasa takut akan kegagalan, takut akan perubahan, bahkan juga takut akan sesuatuyang belum jelas.  Menurut Harold Bloomfield, M.D, penulisHealing Anxiety Naturally, manifestasi dari ketakutan demi ketakutan itulahyang membuat seseorang menjadi cemas luar biasa. Rasa takut dan cemas akansemakin sulit dikendalikan, seiring pasifnya upaya mengusir ketakutan itusendiri. "Karenanya, cobalah untuk mengenaliserta mengakrabi ketakutan-ketakutan yang hadir dalam benak kita. Karena caraini merupakan langkah sederhana dalam menghadirkan pemikiran sekaligusimajinasi yang positif sifatnya," jelas Bloomfield.
Nah, tentunya Anda tidak ingin hidup di bawah kendali rasa cemasbukan? Karenanya, Anda bisa mencegahnya dengan beberapa langkah berikut sebagaimanadirangkum dari beberapa sumber:

1.      Antisipasi rasa cemas.Caranya?

Cobalah untuk menyadari dan mewaspadaisituasi serta orang-orang yang potensial bisa menyulut kecemasan. Menurut MarkI. Levy, M.D, pakar dari San Francisco Foundation for Psychoanalysis,antisipasi begini akan mengurangi risiko kecemasan sekaligus menghindari shock.

2.      Tarik nafas dalam-dalam

Nafas tak beraturan, yang merupakan satugejala hadirnya kecemasan, selain bisa membuat kepala nyut-nyut punmengakibatkan hilangnya konsentrasi.
Karenanya tarik nafas dalam-dalam, tahan, kontrol nafas dari diafragma danfokuskan pikiran Anda pada proses menarik dan mengeluarkan nafas. Bayangkanpula seolah-olah Anda tengah mengatasi rasa cemas dengan helaan nafas yang agakpanjang.

3.      Hindari kafein, alkoholdan rokok

Rasa cemas ternyata bisa pula dipicu olehmakanan, minuman, serta kebiasaan yang kita konsumsi atau lakoni. Kafein,alkohol, dan rokok disebut-sebut sebagai substansi yang bisa meningkatkan rasacemas seseorang.

4.      Tertawa dan olahraga

Tidak ada yang membantah kalau banyakketawa itu dianggap menyehatkan. Buktinya untuk mengatasi rasa cemas ini, parapakar juga menyarankan agar kita banyak tertawa. Karena cara tersebut ampuhmengusir emosi dengan sesuatu positif sifatnya. Tak ubahnya dengan olahraga. 20hingga 30 menit melakukan olahraga bisa membantu mengurangi rasa cemas.

5.      Tidur yang cukup

Jika Anda merasa lelah dan sedikit cemas,pergi saja ke pembaringan untuk apalagi kalau bukan tidur.

6.      Usir kekhawatiran yangberlebihan

Jika Anda merasa cemas karena harusberbicara di depan banyak orang misalnya, maka lekaslah melakukan sesuatu yangbisa mengembalikan situasi normal dalam diri Anda. Yaitu dengan melakukansesuatu yang bisa menambah kesempatan Anda lewat cara efektif seperti persiapanmatang dan lebih terorganisir.

7.      Tulislah rasa cemas dalamsecarik kertas

Cara ini, menurut Bloomfield, lumayanampuh mengurangi emosi dan rasa sesak di dada. Karenanya, tulislah dengan jujurketakutan dan kecemasan yang ada dalam benak Anda, seperti "Saya takutketika...", "Saya cemas karena...", atau "Saya nggak yakinkalau harus...".

8.      Jangan lupa bersantai

Rasa cemas kerap datang akibat banyaknyapekerjaan atau tugas lainnya. Karena itu, usahakan untuk menyisihkan waktu buatbersenang-senang dan bersantai. Atau waktu tersebut bisa pula digunakan untukmeditasi, membangun mimpi dan berimajinasi. Karena kebiasaan tersebut akanmembantu mengurangi rasa cemas.

9.      Dengarkan musik

Berbahagialah orang yang gemarmendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik-musik favorit, akanmembantu menjalani ritme hidup Anda yang menyenangkan.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar