Minggu, 18 September 2011

Tahukah Anda, Mengapa Diantara Seluruh Malaikat, Izraillah Yang Diperintahkan Untuk Mencabut Nyawa?




Dalam sebuah hadits mu’tabar yang dinukil dari ImamJa’far al-Shadiq disebutkan bahwa ketika berkehendak untuk menciptakam NabiAdam as, Allah memerintahkan Jibril as (turun) ke bumi untuk mengambil tanahdari beberapa (jenis) tanah bumi. Ketka Jibril hendak mengambilnya, bumimenanyakan tentang tujuan Allah menciptakan Adam.

Jibril as menjawab, “Karena Allah akan memerintahkan kepada Adam as dan keturunannya untukmenyembah-Nya. Setiap yang taatdiantara mereka akan berada dalam naungan rahmat-Nya dan dipersilahkan masuk surga. Sementara Dia akan menyiksa siapa saja diantaramereka yang menentang-Nya dan tidaktaat kepada-Nya di dalam penjarajahanam-Nya untuk selama-lamanya.”

Ketika mendengar ucapan Jibril as, bumi bersumpah atasnama Allah, “Aku tidak sanggup dan tidakmemiliki kekuatan untuk menanggung azab Allah.” Oleh karena itu, Jibriltidak mengambil apapun dari bumi, lalu kembali kepada Allah dan menceritakan alasanbumi yang bersumpah dengan keagungan Allah bahwa dia tidak memiliki kesanggupanuntuk menanggung azab-Nya.

Kemudian Allah memerintahkan kepada Mikail dan Israfiluntuk mengambil tanah itu. Bumipun bersumpah kepada keduanya bahwa dia tidakmemiliki kesanggupan memikul azab Allah. Keduanyapun kembali kepada Allah tanpamembawa sedikit tanah pun.

Kemudian Allah memerintahkan Izrail untuk mengambiltanah itu. Ketika Izrail hendak mengambil tanah itu, meski bumi telah bersumpahatas nama Allah, dia tetap tak hiraukan sembari berkata, “Aku takut menyalahi (melanggar) perntah Allah; aku sama sekali takkanmelanggar perintah Tuhanku, walau dengan segala perendahan dirimu.

Izrail tetap mengambil beberapa tanah danmempersembahkannya ke hadapan Allah swt.

Kemudian, Allah memberi penghargaan kepadanya danberfirman, “Karena engkau telahmelaksanakan perintahku dengan menghadirkan tanah ini, dan engkau tidakmenghiraukan serta tidak berbelas kasih atas perendahdirian dan keluhan bumi, makaAllah memerintahkan (menugaskan) kepadamu untuk mencabut ruh anak Adam. Sehingga,engkau tidak akan memberikan rahmat kepada seseorang pun, meski itu seoranganak dalam buaian ibunya. Dan engkau akan memisahkan ibu dengan anaknya dan duaorang bersaudara dengan kematian. Dan antara sumai-istri yang bertahun-tahuntelah terikat kasih sayang, engaku akan pisahkan pula dengan kematian.”

Dengan alasan ini, Allah memerintahkan atau memberitugas kepada Izrail untuk mencabut nyawa hamba-hamba-Nya.

Ridha Jahid.Tahukah Anda?.Jakarta:Cahaya.2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar