Senin, 19 September 2011

Tips Mengatasi Masalah Perut Buncit



1.      Minum Banyak Air

Jika perut penuh disebabkan oleh penyimpanan air, andasebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Halini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlahair yang keluar dari sistem tubuh. Minum lebih banyak airjuga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan bahan toksin.. Janganmeminum air terlalu banyak saat diet karena banyak bahan yang sulit dicerna dandapat menyebabkan perut menggelembung.

2.      Mengurangi Konsimsi Garam

Terlalu banyak garam dalam diet menambah ekstra sodiumterhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluardari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

3.      Makan Perlahan-lahan

Jangan makan terburu-buru kerana ketika anda menelanterlalu cepat, udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapatmengakibatkan penggelembungan perut. Duduk ketika makan dankunyah makanan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadibahagian-bahagian kecil tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudianmenghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan.

4.      Makan Makanan Yang Berserat

Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untukmengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah seratdalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air.

5.      Awasi Obat-obatan

Perut yang mengembang adalah efek samping darikonsumsi obat. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang mengakibatkansembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

6.      Hindari Sembelit

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seorang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehinggasulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebatpada penderitanya.

7.      Senam

Olahraga atau senam akan membantu menggerakkan cairandalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar darijaringan dan masuk aliran darah yang akan dikeluarkan sebagai keringat ataudibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai air urine.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar