Kamis, 22 September 2011

10 Kebohongan Tentang Kiamat



1.      Ayam peramal dari leeds, 1806

Sejarah mencatat banyak tokoh yang menyatakan bahwa zaman akhirhampir tiba ditandai dengan kedatangan nabi. Namun, mungkin "nabi"yang paling aneh adalah seekor ayam petelur dari kota leeds, inggris, 1806.Ayam ini awalnya disangka menghasilkan telur yang bertuliskan "kristusakan datang". Seiring menyebarnya kabar mujizat ini, banyak orang menjadipercaya bahwa kiamat hampir tiba sehingga seorang penduduk yang penasaranakhirnya mengawasi sang ayam ketika bertelur dan menyaksikan penipu yangmenuliskan kalimat itu.

2.      Kaum millerite, 23 april 1843

Seorang petani di new england bernama william miller, setelahbeberapa tahun mempelajari alkitab, menyimpulkan bahwa waktu yang dipilih tuhanuntuk menghancurkan dunia bisa disimpulkan dari penafsiran harafiah isialkitab. Ia menjelaskan hal ini kepada siapa saja bahwa dunia akan berakhirantara 21 maret 1843 dan 21 maret 1844. Ia berkotbah dan menerbitkan tulisancukup banyak dan memimpin ribuan orang (yang disebut kaum millerite) yangmeyakini bahwa tanggal pasti kiamat adalah 23 april 1843. Banyak yang menjualatau menyumbangkan semua harta miliknya karena percaya semuanya tidakdibutuhkan lagi, tapi ketika tanggal 23 april datang (tapi yesus belum jugadatang) maka grup itu pun dibubarkan, lalu sebagian dari mereka membentukgerakan yang hingga kini dikenal sebagai gereja masehi advent hari ketujuh(seventh day adventist).

3.       Armageddon/kiamatkaum mormon, 1891 atau sebelumnya

Joseph Smith, pendiri gereja mormon, mengadakan rapat gereja padafebruari 1835 untuk memberitahu bahwa ia berbicara kepada tuhan. Selamapembicaraan itu, smith mengakui bahwa yesus akan kembali dalam 56 tahun kedepan, dan selanjutnya masa akhir zaman akan segera dimulai.

4.       Komet halley,1910

Tahun 1881, seorang astronom, dari analisa spektral, menemukanbahwa ekor komet mengandung gas mematikan yang disebut cyanogen (dari asal katasianida). Tadinya ini tak terlalu menarik hingga seseorang menyadari bahwalintas bumi akan berpotongan dengan ekor komet halley di tahun 1910. Apakahpermukaan planet akan terselubung oleh gas beracun? Itulah spekulasi yangdicetak di halaman depan koran the new york times dan sejumlah koran lainnya,yang mengakibatkan menyebarnya kepanikan di seluruh as dan di negara lainnya.Akhirnya, para ilmuwan dengan kepala dingin menjelaskan bahwa hal itu tak patutdikhawatirkan.

5.       Patrobertson, 1982

Mei 1980, televangelis dan pendiri koalisi kristen, pat robertson,mengejutkan dan membuat banyak orang ketika ia menyatakan dalam acara tv-nya,"700 club", kepada pemirsa di seluruh dunia bahwa ia tahu kapan duniaakan berakhir (padahal dalam alkitab sendiri di matius 24:36 tentang kiamatdinyatakan "tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, bahkanmalaikat-malaikat di surga tidak tahu"). "saya menjamin bahwa padatahun 1982 akan ada penghakiman dunia," kata robertson.

6.       Heaven'sgate, 1997

Ketika komet hale-bopp muncul tahun 1997, muncul isu bahwa pesawatalien tengah mengikuti komet itu. Hal itu ditutupi oleh nasa dan komunitasastronomi. Walau dugaan itu dibantah oleh para astronom (dan bisa dibantahsiapa saja yang memiliki teleskop yang bagus), isu ini sempat disiarkan dalamacara radio "coast to coast am" yang dibawakan art bell dan bertemakanparanormal. Dugaan ini menginspirasi suatu kultus yang percaya pada ufo di sandiego yang menamakan diri heaven's gate untuk mempercayai bahwa dunia akansegera berakhir. Dunia memang berakhir bagi 39 anggota kultus itu yang bunuhdiri pada 26 maret 1997.

7.       Nostradamus,agustus 1999

Karya tulis michel de nostradame yang sangat membingungkan danmetaforis telah menarik perhatian banyak orang selama lebih dari 400 tahun.Tulisannya, yang ketepatannya sangat tergantung pada interpretasi yang sangatfleksibel, telah diterjemahkan dan diterjemahkan ulang dalam puluhan versi yangberbeda. Salah satu baris tulisannya menyebutkan, "tahun 1999, bulanketujuh. Dari langit datang raja besar teror." banyak pengikut nostradamusmenjadi resah karena menduga bahwa inilah penglihatan sang peramal terkenal ituterhadap kiamat.

8.       Y2k, 1januari 2000

Ketika abad lalu hampir berakhir, banyak orang khawatir bahwakomputer akan menyebabkan kiamat. Permasalahannya, yang diketahui sejak 1970,adalah bahwa banyak komputer takkan bisa membedakan antara tahun 2000 dan 1900.Tak ada yang tahu pasti apa efeknya, tapi banyak yang menduga akan terjadibencana, mulai dari mati lampu massal hingga ledakan nuklir. Penjualan senjatameningkat dan orang bersiap bertahan hidup dalam bungker. Namun nyatanya, takbanyak kesalahan terjadi ketika milenium baru dimulai.

9.       5 mei 2000

Kalau memang kesalahan y2k tak terjadi, maka bencana globaldijamin akan terjadi oleh richard noone, pengarang buku 5/5/2000 ice: Theultimate disaster di tahun 1997. Menurut noone, massa es di antartika akanmenjadi setebal 3 mil pada tanggal 5 mei 2000, suatu tanggal yang jugabertepatan dengan sejajarnya planet-planet di tata surya, yang entah bagaimanaakan menyebabkan pembekuan global yang fatal. Tanggal itu berlalu dan bumibelum beku, tetapi buku itu malah "panas" di pasaran. Mungkin juga,pemanasan global mencegah terulangnya zaman es itu.

10.  God's churchministry, musim gugur 2008

Menurut pendeta dari god's church, Ronald Weinland, akhir zamantelah tiba, lagi. Bukunya di tahun 2006, 2008: God's final witness, menunjukkanbahwa ratusan juta orang akan meninggal, dan pada akhir 2006, "paling lama2 tahun tersisa sebelum dunia mengalami waktu terburuk sepanjang sejarahmanusia. Pada musim gugur 2008, amerika akan tumbang sebagai negara berkuasa,dan tak akan menjadi negara merdeka lagi," dan buku itu juga mencatat,"ronald weinland mempertaruhkan reputasinya sebagai nabi akhir zamantuhan."

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar