Selasa, 20 September 2011

Sejarah Sistem Operasi Mobile Symbian




Symbianadalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponselpintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform Symbian adalah suksesordaripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar dipasaran; Tidak seperti Symbian OS, yang membutuhkan beberapa sistem antarmukapengguna, Symbian menyertakan sebuah komponen antarmuka pengguna berdasarkanS60 5th Edition. Versi terakhirnya yaitu Symbian^3 sudah secara resmi dirilispada kuartal 4 tahun 2010 lalu, pertama kali digunakan pada ponsel Nokia N8.

SymbianOS aslinya dikembangkan oleh Symbian Ltd.. Ini merupakan keturunan dari EPOCdari Psion dan berjalan secara eksklusif di prosesor ARM, walaupun telah adax86 port yang belum dirilis resmi ke publik. Device berbasis Symbian telahmencakup 29.2% pangsa pasar ponsel pintar dunia pada kuartal pertama tahun2011. Beberapa perkiraan mengindikasikan bahwa jumlah kumulatif dariponsel-ponsel yang dipaketkan dengan Symbian OS ini hingga akhir kuartal 2tahun 2010 lalu berjumlah 385 juta. Hingga 5 April 2011, Nokia merilis Symbiandi bawah lisensi baru dan dikonversikan ke model sumber kepemilikan yangdibagikan, berlawanan dari proyek kode sumber terbuka atau open source.

Sejarah

Padatahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan olehDavid Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi inilebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998,terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Sony Ericsson, Nokia, Motorola danPsion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan teleponselular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya danhasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengannama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulaimengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDAselain telepon seluler.

Kemudianmuncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versiterbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yanglebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS.Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkatlunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul SymbianOS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagaicapability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasiyang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Munculpula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan padateknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkanyang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian darikomponen standarnya.

AkarDari Symbian dan Symbian Foundation peregangan Dilaporkan ke akhir Darikomputasi mobile, ketika Pikiran Cerdas Bersatu di sekitar gagasan untukmenemukan cara Terbaik untuk memobilisasi komputasi-untuk membantu Orangmelakukan hal Yang lebih Baik, lebih Cepat, sekarang.

Darihari-hari awal, gagasan yang menjadi Symbian adalah semua tentangkolaborasi-dimulai dengan awal tahun 1980-an David Potter desain game dansoftware kantor produktivitas untuk komputer pribadi Sinclair, sebuah kemitraanyang meluncurkan “Psion” nama. Dari hari-hari akhir, gagasan Yang menjadiadalah Symbian * Semua Tentang kolaborasi-dimulai years Artikel Baru akhir1980-sebuah David Potter desain produktivitas perangkat lunak dan peralatanpermainan untuk Komputer Pribadi Sinclair, sebuah kemitraan Yang meluncurkan“Psion” Nama. Program-program membantu melahirkan pada tahun 1984 kepada PelaksanaPsion, komputer pertama genggam di dunia-dan salah satu yang cepat akanmendukung database sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL.Program-program membantu melahirkan years PADA 1984 kepada pelaksana Psion,Komputer genggam Pertama di Dunia-dan salah Satu Yang Cepat akan mendukungdatabase Sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL.

Dukungankolaborasi dari industri untuk tumbuh kekuatan basis software Psion menyebabkanpembentukan bersejarah pada tahun 1998 dari Symbian, perusahaan patungan antaraprodusen Psion dan telepon Ericsson, Motorola, dan Nokia. Dukungan Darikolaborasi industri untuk Kekuatan dasar Tumbuh software Psion menyebabkanpembentukan bersejarah years PADA 1998 Dari Symbian, ANTARA patungan anak pajaktangguhan Produsen dan Telepon Psion Ericsson, Motorola, dan Nokia. Selamabeberapa tahun berikutnya Symbian membantu membawa ledakan inovasi-perangkatselular dengan perangkat lunak Symbian di dasar lebih dari 100 juta ponsel padatahun 2006. Selama beberapa years berikutnya Symbian membantu membawa ledakanInovasi-perangkat seluler perangkat lunak Symbian Artikel Baru di ditempatkanlebih Dari 100 juta ponsel PADA 2006 years.

Padatahun 2008, langkah berikutnya dari evolusi Symbian berlangsung, dengan Nokiapembelian seluruh aset Symbian dan mulai menyusuri jalan setapak perangkatlunak untuk open source. PADA Tahun 2008, Langkah berikutnya Dari Evolusiberlangsung Symbian, Artikel Baru Nokia seluruh Aset Pembelian Symbian danmenyusuri jalan setapak Mulai perangkat lunak untuk open source. SebagaiSymbian Foundation dan seluruh anggotanya melihat ke masa depan dan miliaranmendatang perangkat mobile saling berhubungan, maka akan inovatifkolaborasi-bekerja sama-yang akan membantu membuat orang lebih produktif, lebihkreatif dan lebih terhibur dari sebelumnya. Sebagai Symbian Foundation seluruhanggotanya dan Melihat ke Masa Depan dan miliaran mendatang saling berhubunganperangkat mobile, Maka akan inovatif kolaborasi-bekerja akan membantu sama-yangMembuat Orang lebih Produktif, Kreatif lebih dan lebih Dari terhibursebelumnya.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar