Kamis, 08 September 2011

Perkembangan website dari waktu ke waktu ( web 1.0,2.0 dan 3.0.)




Perkembnagan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat, dantidak terbendung setiap hari pasti ada saja produk teknologi yang bermunculantidakterkecuali teknologi website.
Secara khusus tidak ada ilmu yang mempelajari penklasifikasianwebsite, namun beberapa praktisi di bidang teknologi website maupun teknologiinformasi membagi bagi jenis website berdasarkan teknologi dan carapenggunaannya menjadi web 1.0, 2.0 dan 3.0.

Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari sebuah website, teknologiini masih statis dimana antara pembuat website dan penikmat website hanyatejadi komunikasi 1 arah dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan peikmathanya sebagai pembaca, ya layaknya seperti membaca Koran bedanya ini membacalewat computer, aktifitas ini hanya sebatas searching.
Halaman pada web ini masih terkesan “hampa” bahasa yang digunakanjuga masih bahasa HTML saja.

Web 2.0
Era Web 2.0 akhirnya datang sekitar tahun 2003 atau 2004, parapengguna website-pun mulai dimanjakan dengan berbagai fasilitas, kita bisaberkomunikasi 2 arah, tidak hanya dengan webmaster namun dengna orang lain deibelahan dunia yang lain, kita dapat membuat suatu komunitas tanpa harus bertemusecara fisik, informs semakin mudah didapat dengan halaman web yang menarik,sehingga kita tidak bosan dan masih banayak lagi. MenurutO’Reilly media, ada beberapa karakteristik dari web 2.0, yaitu : TheWeb as Platform Website dalam aplikasi web 2.0 kini adalah platform, jadi kita dapatmengerjakan semuanya dengan menggunakan media internet, biasanya kitamenggunkan media deskstop untuk mengerjakan penulisan, penghitungan maupunpresntasi namun kita dapat langsung mengrjaaknnya melalui internet jadi tidakusah lewat windows lagi, bisa langsung dipkai tanpa harus lama menginstall.
Harnessing Collective Intelligence Wahini menarik, maksud dari pernyataan diatas web 2.0 memiliki keinerja yang unikdia memanfaatkan orang tulisan orang untuk mengisi kontennya secara kolektif,jadi udah ga jaman webmaster mengisi sendiri konten webnya, contohnya sepertiyoutube.com, youtube hanya sebagai media tetapi yang mengisi video yang ada didalamnya ya orang lain yang inget mempublikasi film atau video yangdinilikinya, wah ternyata begitu tho ??
Data is the Next Intel Inside Slogan“Intel Inside" telah melambungkan nama prosesor Intel di kalangan penggunakomputer. Trademark tersebut telah menjadi suatu garansi kepercayaan daripengguna akan kemampuan komputer yang akan ataupun sudah dibelinya. Nah,hal ini juga yang dipraktekan para penyuplai data kepada para pemilik websiteuntuk memberikan garansi kepercayaan, jadi pada era web 2.0 data sangatlahpenting dan harus di update setiap waktu.
End of the Software Release Cycle Nahlho, para pembuat software harus merubah cara penjualan nih, soalnya di era web2.0 kalau mau pakai software ga usaha capek capek menginstall, sekarangaolikasi sudah dapat digunakan langsung, sekaran jamanya software tidak dijual“bungkusan” lagi tapi sudah jdi layanan di internet soalnya swebsite sudahdapat menjadi platform untuk menjalankan program, kalau dulu software keluartiap 3 blan sekali sekarang jamannya software keluar tiap hari alias selalu diupdate setiap waktu jadi produsen yang lambat akan ketinggalan soalnya softwaresoftware aplikasi sudah jadi layanan di internet.
Lightweight Programming Models Kalauyang ini maksudnya web 2.0 pembuatannyamenggunakan bahas ayang “ringan”, jadi suatu aplikasi bisa kita buat jadiaplikasi baru, seperti google map bisa dibuat untuk program aplikasiHousingMap.
Ya seperti itu kira – kira gambaran dari web 2.0, hebat kan ?hehehe... tapi tnggu dulu ternyata web masih berkembang lagi jadi web 3.0 (hohoho... apalagi neh ?) menurut perkiraan para pengamat internet katanya sih web3.0 akan berkembang website 2010-2020 mendatang,namun katanya sudah ada yangmulai memangun website dengan konsep web 3.0, penasaran kan ? ayo kita bahas !

Web 3.0
Tadi kita sudah dipukau oleh penampilan web 2.0 dengan lagu yangberjudul “The Web as Platform”, “Hernessing collective intelligence”, “Data isthe next intel inside”, “End of the software release cycle”, dan “LightweightProgramming models”, kini kita akan dipukau oleh web 3.0.
Kalau dilihat dari sejarahnya saya bingung sebenrnya siapa yangemunculkan ide pertama kali soalnya saya dapet informasi kalau Tim burners-leeyang pertama kali mencetukan ide pada tahun 2001 tapi ada lagi yang mengklaimJhon Markoff yang pertama kali memunculkan ide pada tahun 2006, mana yang benekita gau asah pusing, soalnya kit age butuh siapa yang menciptakan tapi kitabutuh sesuatu yang mereka ciptakan heheheh... ( Kaya prinsip orang kita yangbajakan atau yang asli sama – sama bisa dipakai hehehehe... ) Belumditemukan definisi yang jelas dari web 3.0 ( ya yang jelas lebih baik dari 2.0bener ga ? ), saya mengutip beberapa karakteristik dari web 3.0 dari PCmagazine dan Sramana yaitu :
Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah : SemanticWeb. Sebuah web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya. Satuinformasi yang dibutuhkan oleh manusia dapat dengan mudah tersajikan dengankorelasi informasi yang tepat dan cepat.  The 3D Web. Nuansa Web semakin menarik dengan adanya kemampuanvisual 3D. Tanpa harus meninggalkan rumah maka kita dapat mengunjungi berbagaitempat di dunia lain secara virtual dengan kemampuan akses data dan interaksisecara realtime.
The Media-Centric Web. Keyword bukan lagi satu-satunya cara untuk mendapatkaninformasi yang dituju. Photo, audio, video akan menjadi cara lain untuk mencariinformasi yang kita inginkan. .
The Pervasive Web. Web akan dengan mudah diakses dengan berbagaicara dan alat berbeda. Intinya everywhere, anytime dapat akses web. Sementarakemudahan koneksi akan semakin berkembang, berbagai alat-alat elektronika akanmendukung upaya kemudahan koneksi internet. Maka koneksi internet tidak hanyasebatas di kantor, kampus saja, bahkan di kereta, bis,pasar, kamar tidur dll.
Sedangakan menurut Sramana web 3.0 dapat di formulasikan sebagai berikut :
Web 3.0 = (4C + P + VS)
dimana:
4C : Content, Commerce, Community, Context
P: Personality
VS: Virtual Search

Dengan formulasi tersebut, maka Web 3.0 adalah : a personalassistant who knows practically everything about you and can access all theinformation on the Internet to answer any question.
Teknologi web generasi ketiga ini merupakan perkembangan lebihmaju dari Web 2.0 dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alamnyata. Pada generasi web 3.0 sudah seperti asisten pribadi kita. Web mulaimengerti kebutuhan kita dengan bisa memberi saran atau nasehat kita,menyediakan apa yang kita butuhkan.
Web ini dapat menggunakan teknologi 3D animasi, kita bisa membuatprofil avatar yang sesuai dengan karakter, kemudian melakukan aktivitas didunia maya seperti layaknya di dunia nyata. Kita bisa berjalan-jalan, pergi kemall, bercakap-cakap dengan teman yang lain. Ya, Web 3.0 adalah dunia virtualkita.

Secara umum web 3.0 ini terdiri dari :
Websemantik
Formatmikro
Pencariandalam bahasa pengguna
Penyimpanandata dalam jumlah besar
Pembelajaranlewat mesin
Agenrekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar