Jumat, 16 September 2011

Bela Diri Yang Mematikan Di Seluruh Dunia

1.     Muay Thai (Thailand)


Muay thay susah sekali diperkirakan kapan tepatnya lahir, tapiberbagai elemen dari beladiri ini dapat ditemui di beladiri jepang dan india.Popularitas beladiri ini mulai muncul pada 1800an. Secara tradisi, bela diriini sangat terstruktur, dengan berbagai ritual yang menunjukkan penghormatankepada lawan. Sekarang beladiri ini lebih berfokus sebagai penggunaan badansebagai senjata, kepalan, tulang kering, siku, lutut, dan berbagai hal lainuntuk mengalahkan lawan. Inilah yang membuat bela diri ini berharga, karenasemua bagian tubuh dapat digunakan sebagai senjata.

2.     Brazilian Jiu-Jitsu (Brazil)


Walaupun didirikan di brazil, pendiri bela diri ini adalah mitsuyomaeda, seorang petarung dari jepang, yang memenangkan lebih dari 2000pertandingan dan dianggap sebagai manusia paling tangguh. Maeda bertemu dengankeluarga gracie di jepang pada 1914, dan semenjak saat itu juga keluarga graciedianggap sebagai keluarga pertama beladiri ini. Penekanan pada lemparan dangroundwork menjadikan olahraga ini populer di kalangan pengguna olahragacampuran.

3.     Karate (Jepang)


Diturunkan dari kata yang berarti “tangan kosong”, karatediperkenalkan sebagai beladiri tanpa senjata. Berbagai teknik karate diperkirakanberawal dari tahun 1300-an, walaupun penulis “10 precepts of karate”, ankoitosu, bapak karate modern, menuliskan buku tersebut pada 1908. “karate adalahteknik yang mengubah tangan dan kaki menjadi tombak” demikian tulis anko. Padabuku tulisan anko, karate dapat dipakai sebagai cara mengindari perkelahianjika dihadang penjahat.

4.     Kung Fu (Cina)


Bela diri cari cina ini berarti secara harfiah: Kesuksesan yangdiraih dengan jalan yang berat dan panjang, dan merupakaan beladiri paling tuadi dunia. Semenjak diperkenalkan oleh kaisar huangti, 2,698 sebelum masehi,telah berkembang puluhan ribu aliran kungfu. Secara tradisional, beladiri inidiajarkan oleh para biksu shaolin, dengan penekanan utama pada moralitas danfilosofi, dimana nilai kerendahan hati, kepercayaan, dan kesabaran, sertapenghormatan di tekankan.

5.    Tae-Kwondo(Korea)



Te-Kwondo memiliki arti “jalan kepalan dan kaki”, beladiri iniberkembang pesat pada setelah era pd ii, ketika jepang mengakhiri pendudukanatas korea. Bela diri ini terkenal atas tendangannya yang mencengangkan, danmenggabungkan antara kemampuan fisik dan kekuatan mental. Pemengang sabuk hitambeladiri ini mencapai 3 juta orang di seluruh dunia.

6.     Ninjutsu (Jepang)


Beladiri misterius ini biasa digunakan oleh kaum pembunuh dan parapejuang gerilya jepang. Ninjitsu mengajarkan berbagai cara untuk mengejutkanlawan dan mengalahkan lawan, dengan arah perkembangan untuk membunuh. Selainkaki, tangan, berbagai senjata diajarkan juga, termasuk teknik menyelinap danmelarikan diri secara efektif.

7.    Jujutsu (Jepang)


Ketika samurai jepang kehilangan semua senjata, mereka akanberalih ke penggunaan jujutsu (seni lembut). Jujutsu berkembang dengan berfokuspada lemparan, kuncian dan menggulingkan diri. Tapi tidak seperti bela dirilain, jujutsu lebih banyak bergerak ke “apa aja boleh”. Secara tradisional,para murid diajarkan berbagai taktik “curang” seperti mencolok mata, menggigit,yang jika digunakan dengna tepat, dapat membunuh lawan. Bela diri ini sangatefektif jika digunakan pada pertempuran jarak pendek.

8.     Krav Maga (Israel)


Beladiri wajib pengawal presiden israel, seni bela diri ini tanpaaturan, dan keras. Bela diri ini tidak pernah dilatih untuk olahraga, karenabenar2 ditujukan untuk menghancurkan penyerang dengan berfokus pada area vitallawan, misalnya selangkangan dan mata, dan bahkan mengijinkan penggunaan kepalasebagai senjata dan berbagai benda yang ada sebagai senjata. Pendekatan beladiri ini dibagi tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukanserangan kedua, dan netralkan lawan.

9.     Aikido (Jepang)


Aikido diperkenalkan pada awal 1900an, dengan para pengikutnyabelajar untuk menggunakan kekuatan dan energi lawan untuk menjatuhkan mereka.Para murid diajarkan untuk tetap menjaga kondisi penyerangnya, dan diajarkanuntuk melumpuhkan tanpa melukai. Penggunaan senjata juga sering ditemui dalamaikido, dan para pengikutnya diajari untuk bertahan melawan tongkat, pedang danbahkan pisau. Pendiri aikido, morihei ueshiba, berkata bahwa untuk menjadipengikut aikido yang sukses, para murid harus “menerima 99% serangan lawan danmenatap wajah kematian tanpa takut.”

10.  Judo (Jepang)


Judo ditemukan atau didirikan oleh kano jigoro, yang seringdiganggu pada masa kecilnya, sekitar 1860 sampai 1870. Dengan mengambilberbagai kemampuan dasar beladiri yang berkembang, kano menambahkan tekniklemparan untuk menciptakan judo. Arti kata judo adalah “jalan lembut” yangberarti kira2 menggunakan kekuatan lawan untuk melawan dirinya sendiri. Karenaprinsip inilah, maka judoka tidak harus lebih kuat daripada lawannya. Fokusutama judo adalah melempar dan kuncian tanah, daripada memukul atau menyerang.

11.  Capoeira (Brazil)


Kombinasi dari pertarungan dan tarian, capoeira mungkin adalahbela diri yang paling indah untuk ditonton. Capoeira adalah sebuah sistem beladiri tradisional yang didirikan di brazil oleh budak-budak afrika yang dibawaoleh orang-orang portugis ke brazil untuk bekerja di perkebunan-perkebunanbesar. Pada zaman dahulu mereka melalukan latihan dengan diiringi olehalat-alat musik tradisional. Capoeira tidak saja menjadi sebuah kebudayaan,tetapi juga sebuah olahraga nasional brazil, dan para guru dari negara tersebutmembuat capoeira menjadi terus menerus lebih internasional, mengajar dikelompok-kelompok mahasiswa, bermacam-macam fitness center,organisasi-organisasi kecil, dll. Saat ini capoeira dipelajari hampir diseluruh dunia, dari portugal sampai ke norwegia, dari amerika serikat sampai keaustralia, dariindonesia sampai ke jepang.

12.  Sambo (Rusia)


Rusia mengembangkan seni bela diri dalam bentuk gulat yg brutal.
Namun selama masa komunis rusia 1917 ikatan bela diri rusia memutuskan bahwateknik brutal mematahkan tulang dan merobek sendi tersebut tidaklah cukup bagiorang-orang komunis soviet.
Karenaitu mereka memodifikasinya menjadi sambo yg dalam bahasa rusia berarti“self-defense without weapons” awalnyahanya dipelajari oleh red army beserta agen pemerintah namun karena tingkatkriminal makin meningkat,sambo juga dipelajari oleh para bodyguard.

13.  Mcmap (Marine Corps Martial Arts Program) United States


Bela diri mematikan di seluruh duniasetiap anggota marinerata-rata harus mengikuti minimal 2 program bela diri per tahun sejak tahun1775.pada suatu masa ada 1 program pelatihan bela diri bagi marine dimanaprogram tersebut merupakan gabungan dari beberapa daerah tempat marine pernah ditugaskan.programtersebutlah yang dinamakan mcmap. Padaprogram modern dari mcmap ini diajarkan tentang bertarung dengan menggunakantangan kosong (prioritas),senjata seadanya (improvised weapons),bayonet, danbagian dari senapan (popor atau gagang). Sekarangketika anda menggunakan teknik mcmap pada sesorang tiap moves memiliki pilihanuntuk menyerang secara fatal (mati)

14.  Pencak Silat (Indonesia)
Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri yang berasaldari asia tenggara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di indonesia,malaysia, brunei, dan singapura, filipina selatan, dan thailand selatan sesuaidengan penyebaran suku bangsa melayu nusantara. Silat diperkirakan menyebar dikepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, akan tetapi asal mulanya belumdapat dipastikan. Asal mula ilmu bela diri di nusantara ini kemungkinanberkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia tradisisilat diturunkan secara lisan dan menyebar dari mulut ke mulut, diajarkan dariguru ke murid, sehingga catatan tertulis mengenai asal mula silatsulit.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar