Selasa, 06 September 2011

Demak : Kerajaan Islam Pertama Di Tanah Jawa



Perkembangan Islam di Jawa bersamaan waktunya denganmelemahnya posisi raja Majapahit. Hal itu member peluang kepadapenguasa-penguasa Islam di pesisir untuk membangun pusat-pusat kekuasaan yangindependen. Di bawah pimpinan Sunan Ampel Denta, Wali Songo bersepakatmengangkat Raden Patah menjadi raja pertama kerajaan Demak, kerajaan Islampertama di Jawa, dengan gelar Senopati Jimbun Ngabdurahman Panembahan PalembangSayidin Panatagama. Raden Patah dalam menjalankan pemerintahannya, terutama dalampersoalan-persoalan agama, dibantu oleh para ulama, Wali Songo. Sebelumnya, Demakyang masih bernama Bintaro merupakan daerah vasal Majapahit yang diberikan RajaMajapahit kepada Raden Patah. Daerah ini lambat laun menjadi pusat perkembanganagama Islam yang diselenggarakan oleh para wali.

Pemerintahan Raden Patah berlangsung kira-kira di akhirabad ke-15 hingga awal abad ke-16. Dikatakan, ia adalah seorang anak RajaMajapahit dari seorang ibu Muslim keturunan Campa. Ia digantikan oleh anaknnya,Sabrang Lor, dikenal juga dengan nama Pati Unus. Menurut Tome Pires, Pati Unusbaru berumur 17 tahun ketika menggantikan ayahnya sekitar tahun 1507.Menurutnya, tidak lama setelah naik tahta, ia merencanakan suatu seranganterhadap Malaka. Semangat perangnya semakin memuncak ketika Malaka ditaklukkanoleh Portugis pada tahun 1511. Akan tetapi, sekitar pergantian tahun 1512-1513,tentaranya mengalami kekalahan besar.

Pati Unus digantikan oleh Trenggono yang dilantiksebagai sultan oleh Sunan Gunung Jati dengan gelar Sultan Ahmad Abdul ‘Arifin. Iamemerintah pada tahun 1524-1546. Pada masa Sultan Demak yang ketiga inilahIslam dikembangkan ke seluruh tanah Jawa, bahkan sampai ke Kalimantan Selatan. PenaklukanSunda Kalapa berakir tahun 1527 yang dilakukan oleh pasukan gabingan Demak danCirebon di bawah pimpinan Fadhilah Khan. Majapahit dan Tuban jatuh ke bawahkekuasaan kerajaan Demak diperkirakan pada tahun 1527 itu juga. Selanjutnya,pada tahun 1529, Demak berhasil menaklukan Madiun, Blora (1530), Surabaya(1531), Pasuruan (1535), dan antara tahun 1541-1542 Lamongan, Blitar, Wirasaba,dan Kediri (1544). Palembang dari Banjarmasin mengakui kekuasaan Demak. Sementaradaerah Jawa Tengah sebagian Selatan sekitar Gunung Merapi, Pengging dan Pajangberhasil dikuasai berkat pemuka Islam, Syaikh Siti Jenar dan Sunan Tembayat.Pada tahun 1546, dalam penyerbuan ke Blambangan, Sultan Trenggono terbunuh. Iadigantikan adiknya, Prawoto. Masa pemerintahannya tidak berlangsung lamakarena, terjadi pemberontakan oleh adipati-adipati sekitar kerajaan Demak.Sunan Prawoto sendiri kemudian dibunuh oleh Aria Penangsang dari Jipang padatahun 1549. Dengan demikian, kerajaan Demak berakhir dan dilanjutkan olehkerajaan Pajang di bawah Jaka Tingkir yang berhasil membunuh Aria Penangsang.

Dr. Badri Yatim, M.A.”SejarahPeradaban Islam Dirasah Islamiyah II”.PT Raja GrafindoPersada.Jakarta:2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar