Senin, 12 Desember 2011

10 Tahun Lagi, Sakit Gigi Tinggal Sejarah





Pada masa mendatang masalah klasikseputar kesehatan gigi, seperti karies ataupun gigi berlubang, mungkin hanyatinggal sejarah. Bahkan bukan mustahil, pasien yang datang ke dokter gigi akanjauh berkurang. Pasalnya, para ilmuwan kini telah berhasil mengidentifikasisejenis enzim yang menyebabkan plak menempel pada gigi. Jika para ahlimenemukan cara mencegah enzim tersebut, hampir dapat dipastikan masalah gigiberlubang tidak akan pernah muncul lagi.

Adalah ilmuwan di Belanda yangberhasil mengidentifikasi sejenis enzim yang dihasilkan oleh bakteri di dalammulut dan saluran pencernaan. Riset menunjukkan, enzim bakteri ini memanfaatkangula untuk menghasilkan sejenis lem atau perekat. Lem inilah yang kemudian memicuplak penyebab karang dan lubang menempel pada gigi.

Kabarnya, para ilmuwan itu kini sudahmampu memahami bagaimana enzim tersebut bekerja, dan sedang mengembangkan risetlanjutan untuk menemukan cara terbaik menghentikan kerja enzim tersebut.

“Sekarang akan lebih mudah untukmencari bahan yang mencegah bakteri menempel pada gigi. Dan ketika zat inibenar-benar aman digunakan, kita dapat menambahkannya pada pasta gigi untukmencegah gigi berlubang.” tutur Bauke Dijkstra, Ph.D., peneliti dari UniversitasGroningen, Belanda.

Dijkstra mengatakan, mungkin hanyadiperlukan satu atau dua tahun lagi untuk menciptakan zat antiplak ini. Bahkansecara teori, zat ini dapat ditambahkan ke dalam pasta gigi atau bahkan permendalam 10 tahun mendatang.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar