Sabtu, 03 Desember 2011

Minum Kopi Dapat Mencegah Depresi




Banyak dari kita yang sangat tergantung pada secangkir kopi dipagi hari. Efek kopi umumnya dirasakan sebagai suntikan energi dan semangatuntuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Namun, tahukah Anda secangkir kopi di pagi hari tidak hanyamemberikan ekstra energi, tetapi juga meningkatkan suasana hati yangberlangsung lebih lama dari yang kita sadari.

Seperti dilansir Daily Mail, sebuah penelitian membuktikan bahwawanita yang meminum empat cangkir kopi atau lebih setiap harinya akan jauh daridepresi dibandingkan seperlima dari wanita yang tidak meminum kopi.

Dan, mereka yang meminum dua hingga tiga cangkir dapat memotongrisiko depresi hingga 15 persen.

Para peneliti dari Universitas Harvard membandingkan asupan kopidan risiko depresi pada hampi 51 ribu wanita selama 10 tahun. Mereka memangtidak meneliti pria, tetapi penelitian lainnya juga mengatakan bahwa priamemiliki efek yang sama dengan wanita.

Para peneliti menuangkan hasil penelitiannya pada Journal of AmericanMedicine Association. Mereka berpikir bahwa kafein bekerja seperti antidepresandengan menghentikan produksi beberapa hormon seperti serotonin.

Mereka juga mengatakan bahwa kopi dapat meningkatkan suasanahati dan memberikan energi dalam waktu yang lama. Selain kopi, para penelitijuga menanyakan konsumsi teh, coklat, alkohol setiap harinya, serta apakahmereka melakukan olahraga.

Dari sana, mereka melihat bahwa kopi memiliki dampak yang lebihkuat untuk menghilangkan depresi. Namun, kopi tanpa kafein tidak bekerja samasekali. "Hasil kami mendukung efek protektif dari kafein, terutama darikopi, terhadap risiko depresi," ujar Dr Michel Lucas, dari FakultasKesehatan Masyarakat Universitas Harvard.

Meski demikian, menurutnya, investigasi lebih lanjut diperlukanuntuk mengonfirmasi hasil temuan ini dan untuk menentukan apakah konsumsi kopiberkafein dapat memberikan kontribusi dalam pencegahan atau pengobatan depresi.
Meningkatkan Sensasi

Para ilmuwan menunjukkan bahwa kafein memiliki efek psikostimulantermasuk meningkatkan sensasi senang dan energi. Mereka berkesimpulan bahwakopi akan digunakan sebagai antidepresan di masa depan.

Sama halnya seperti pada wanita, penelitian di Finlandiamenunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiaphari juga lebih cenderung terhindar dari depresi.

Memang, wanita lebih cenderung depresi dibandingkan wanita.Bahkan satu dari tujuh wanita mengalami depresi di beberapa titik dikehidupannya.vDan bulan lalu, peneliti asal Jerman mengklaim bahwa wanita jamansekarang dua kali lebih mungkin terserang depresi dibandingkan 40 tahun lalu.

Tak hanya sebagai antidepresan, kopi juga bermanfaat sebagaipencegah kanker prostat, encok, dan Alzhaimer, serta meningkatkan kekuatanotak.

Namun, kopi tak sepenuhnya menguntungkan. Anda tidak dapatmengonsumsinya secara berlebihan karena kopi terbukti secara klinis dapatmeningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Bahkan, wanita hamil tidakdisarankan minum kopi lebih dari dua cangkir sehari karena dapat berpengaruhpada kehamilan.

Sumber: ForumkamiNET


Tidak ada komentar:

Posting Komentar