Selasa, 06 Desember 2011

Inilah 10 Agama Terbesar Di Dunia




1.       Kristen (2.1 milyar)
Agama Kristen adalah sebuahkepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitanYesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhandan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia daridosa.


2.       Islam (1.5 milyar)
Pengikut ajaran Islam dikenaldengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepadaTuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimatbagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepadamanusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengansungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus kedunia oleh Allah.


3.  Agnostic/ agama yang berpandanganbahwa Tuhan tidak dapat diketahui (1.1 milyar)
Agnostisisme adalah suatupandangan filosofis bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yangumumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, danlainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas.Seorang agnostik mengatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk dapat mengetahuisecara definitif pengetahuan tentang "Yang-Mutlak"; atau , dapatdikatakan juga, bahwa walaupun perasaan secara subyektif dimungkinkan, namunsecara obyektif pada dasarnya mereka tidak memiliki informasi yang dapatdiverifikasi.


4.       Hindu (1 milyar)
Agama Hindu (Bahasa Sanskerta:Sanātana Dharma सनातन धर्म "Kebenaran Abadi" ), dan Vaidika-Dharma("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuah agama yang berasal dari anakbenua India.Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaanbangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM.


5.       Chinese traditional/Tionghoa (400juta)
Kepercayaan tradisional Tionghoaialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsaTionghoa dari suku Han. Kepercayaan ini tidak mempunyai kitab suci resmi dansering merupakan sinkretisme antara beberapa kepercayaan atau filsafat antaralain Buddhisme, Konfusianisme dan Taoisme. Kepercayaan tradisional Tionghoa inijuga mengutamakan lokalisme seperti dapat dilihat pada penghormatan pada datukdi kalangan Tionghoa di Sumatera sebagai pengaruh dari kebudayaan Melayu.


6.       Buddha (380 juta)
Buddha (Sanskerta: बुद्ध berarti.Mereka yang Sadar, Yang mencapai pencerahan sejati. dari perkataan Sanskerta:"Budh", untuk mengetahui) merupakan gelar kepada individu yangmenyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembangkesadarannya. Dalam penggunaan kontemporer, ia sering digunakan untuk merujukSiddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha (dianggap "Buddhabagi waktu ini"). Dalam penggunaan lain, ia merupakan tarikan dan contohbagi manusia yang telah sadar.


7.       Indigenious (300 juta)
Indigenious adalah orang-orang,komunitas, dan bangsa yang asli di daerah tertentu.
Banyak adat budaya merupakan minoritas yang menonjol dalam masyarakatmayoritas-budaya kebarat-baratan, dan mereka biasanya bermaksud menujumelestarikan, menghidupkan, dan meningkatkan kohesi dan keunikan nilai-nilaitradisional mereka sosial dan adat istiadat, bersama dengan upaya sungguh-sungguhuntuk mengirimkan pengetahuan ini untuk generasi mendatang Beberapa formulasiditerima secara luas,. Namun, yang berusaha untuk mendefinisikan berbagaiistilah masyarakat adat telah dikemukakan oleh beberapa organisasi terkemukadan diakui secara internasional lainnya, seperti Organisasi PerburuhanInternasional dan Bank Dunia.


8.       African traditional (100 juta)
Agama-agama tradisional Afrikaadalah istilah yang merujuk pada berbagai agama adat untuk benua Afrika.


9.       Sikh (25 juta)
Sikhisme (bahasa Punjabi: ਸਿੱਖੀ) adalah salah satu agamaterbesar di dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke-16 dan 17 di India. KataSikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti "murid" atau"pelajar". Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah: Percayadalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikhhanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yangtaat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan). Ajaran SepuluhGuru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapatditemukan dalam Guru Granth Sahib.


10.  Yahudi {20 juta(13 juta di tahun2002)}
Yahudi adalah istilah yang merujukkepada sebuah agama atau suku bangsa. Sebagai agama, istilah ini merujuk kepadaumat yang beragama Yahudi. Berdasarkan etnisitas, kata ini merujuk kepadaketurunan Eber (Kejadian 10:21) atau Yakub, anak Ishak, anak Abraham (Ibrahim)dan Sarah. Etnis Yahudi juga termasuk Yahudi yang tidak beragama Yahudi tetapiberidentitas Yahudi dari segi tradisi. Agama Yahudi adalah kombinasi antaraagama dan suku bangsa. Agama Yahudi dibahas lebih lanjut dalam artikel agamaYahudi; artikel ini hanya membahas dari segi suku bangsa saja. Kepercayaansemata-mata dalam agama Yahudi tidak menjadikan seseorang menjadi Yahudi. Disamping itu, dengan tidak memegang kepada prinsip-prinsip agama Yahudi tidakmenjadikan seorang Yahudi kehilangan status Yahudinya. Tetapi, definisi Yahudiundang-undang kerajaan Israeltidak termasuk Yahudi yang memeluk agama yang lain.

Sumber : Kaskus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar