Rabu, 21 Desember 2011

Tahukah Anda, Bagian Terpedas Dari Cabai ?




Jakarta – Cabai itu rasanya pedas.Semua orang tahu itu. Tapi tahukah anda bagian mana dari cabai yang terpedas?Bijinya? Atau kulitnya, atau bagian yang mana?
Menurut ahli Teknologi HasilPertanian dari UGM, Dr Ir Wahyu Supartono, yang terpedas adalah bagiantengahnya. Saat anda membuka cabai, disitu terlihat biji-biji menempel padasebuah bagian yang terlihat seperti sumbu, pas di tengah buah cabai. “Cicipiitu, itu yang bagian yang paling pedas,” ujarnya.

Dalam industri pembuatan sambalbotolan misalnya, seorang pekerja yang bertugas sebagai Quality Control yangingin menentukan cabe itu layak untuk dijadikan sambal atau tidak, biasamengukur kepedasan cabai melalui cara ini. “Cabai dibuka, bagian tengahnyadiambil dan ditempelkan ke lidahnya,” ujarnya.

Cabai yang  tingkat kepedasannyabagus, selain dicicipi bagian tengahnya, juga bisa diketahui melalui uji klinisdi pabrik. Cabai yang benar-benar berkualitas tinggi, jika diencerkan dalam airselama 400 kali, harus tetap pedas. “Kalau tidak pedas lagi, beraratikualitasnya tidak bagus,” tuturnya.

Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar