Senin, 12 Desember 2011

Sejarah Motor Honda



SejarahHonda nggak terlepas dari tangan seorang Soichiro Honda, sang pendiri. SoichiroHonda ini seorang pembalap (racer), juga seorang businessman dan juga seorangmanufaktur sejati.

Disamping semua itu yang palingpenting adalah Soichiro Honda itu adalah seorang pemimpi (dreamer), Diamemimpikan membuat piston ring yang lebih baik.

Perusahaan kecil di Hamamatsu(sebelum lahir Honda Motor Company) berhasil membuat motor bikez.. di bulanOktober 1946. Motornya ini menggunakan rangka sepeda… !!! Karena gasolinesangat langka waktu itu, makanya Honda mengembangkan motornya ini menggunakanturpentine (semacam minyak yang disuling dari pine tress… gampangnya bio BBMlaagh red.). Namun karena mutunya nggak begitu bagus… itu motor kudu dipedaldulu baru bisa jalan.. !!!

Di bulan November 1947, SeichiroHonda mengembangkan motor bikez berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masihmenggunakan turpentine… dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”…!!!

Barulah pada tahun 1958 SeichiroHonda mendirikan pabrikan Honda bersama dengan Takeo Fujikawa yang sangatmendukung dari sisi finansial. Bersama-sama mereka mendirikan emperium Honda.

Di tahun 1948 juga, Hondamengeluarkan motobikez dengan engine 90cc modifikasi dari type A, yang dikenalsebagai “B-Type”. Tahun 1949, Honda mengeluarkan motor “D-Type”. Oh ya nehmotor bener-bener komplit sebuah motor. bukan hanya engine yang ditempelin kerangka sepeda.. seperti sebelumnya. Mr. Honda selalu mengikuti setiap stepdalam proses pembuatan motor ini dan makanya disebut D-Type karena Dreamnyamulai terwujud dan milestone ini membuat Honda semakin memproduksi motor yang lebihbaik dan semakin canggih.

Setelah mengeluarkan D-Typeselanjutnya Honda mengeluarkan engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagaiE-Type. Engine ini dapat mengeluarkan power 5.5HP dan dapat digeber sampaikecepatan 80 km/h… !!! Selanjutnya bikez dengan engine ini diproduksi, dan bisamencapai 130 unit sehari.

Tahun 1952, Honda mengeluarkan motor“Cub” pertamanya dengan engine F-Type, 50cc, 2 stroke dan produksinya mencapai6500 unit sebulan… atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang.. !!!Tahun 1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 stroke yang dikenal sebagai “Benly”atau yang berarti nyaman… !!! Motor ini mempunyai 3 speed gearbox, dan motorini bisa laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.. !!!

Tahun 1954, Honda juga mengeluarkanscooter yaitu Juno. Juno ini diadaptasi dari Vespa yang sedang dibikin diJepang… !!! Yaagh karena diadaptasi dari Vespa .. yagh bentuknya mirip banget…dengan Vespa.. !!! Tahun 1957, Honda mengeluarkan untuk pertama kalinya twincylinder motorcycles, 250cc OHC, 4 stroke C70.. !!! C70 lumayan cukup canggihdimasanya… !!! Mulailah berbagai produk muncul .. seperti C71 dimana telahmenerapkan electric starter pada engine 250cc… !!!

Tahun 1959, Benly 125cc jugadikeluarkan dan sanggup digeber sampai 110 km/h.. !!! Dan era keemasan Hondamuncul pada bulan Juni 1958, yaitu dengan dikeluarkannya C100 Super Cub… yangdisebut-sebut the most successful motorcycles… !!!

Super Cub ini dikembangkan selama 3tahun, agar murah dan gampang dikendarai oleh siapapun. Motor ini menggunakan50cc, OHC, 4 stroke, centrifugal clutch dengan 3 transmisi kecepatan. Motor inisangat mudah dikendarai,.. bahkan bagi pemula sekalipun. Bentuk ini yangdikenal sebagai bebek sekarang… menjadi populer pada zamannya. Wanita pun mudahmengendarainya.. soalnya nggak perlu terhambat oleh bentuk konvensional motoryang ada tanki bensin etc… !!! Motor ini kemudian muncul berbagai versi… adayang 50cc, 70cc dan 90cc… !!! Tahun 1959, Honda mulai mengekspor dan memasukipasar Amerika Serikat… !!! Dan terkait dengan motor ini… pada akhir Desember2005, motor ini sudah diproduksi sebanyak 50 juta unit…!!! Bentuknya beda-bedatipis namun engine nya.. mirip banget.. !!! Dan jumlah tersebut adalah jumlahyang sangat fantastis untuk sebuah motor… !!!

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar