Kamis, 15 Desember 2011

Kontak Lensa yang Bisa Membaca E-mail dan SMS




JAKARTA-Sebuah lensa kontak yangterhubung ke Internet dapat membaca langsung surat elektronik dan pesan pendek.Sebuah teknologi masa depan  pengembangan prototipe lensa yangmemungkinkan pengguna mengetahui informasi terbaru tanpa bantuan-tangan.

Para peneliti membuat lensa kontakyang tersemat sistem komputer dan mendemonstrasikan langsung alat itu untukmenguji keselamatan dan tidak berbahaya kepada mata pengguna serta tidak adatanda-tanda efek samping.

Saat ini, perangkat lensa kontakhanya memiliki satu piksel tetapi para peneliti memiliki "konsepnyata" untuk memproduksi mulit-piksel atau sekitar ratusan piksel yangdapat menampilkan pesan surat elektronik dan pesan teks di depan mata.

Saat ini teknologi seperti itu hanyaterlihat di film Sci-fi seperti The Terminator dan Dr Who spin-off Torchwood.Lensa itu juga bisa mengecek glukosan dan laktak tubuh pengguna.Dalam film"In Torchwood", toko Gwen Cooper yang dimainkan aktris asal Wales GwenWyles bisa menerima informasi lewat kedua lensa kontak.

Kontak lensa itu dirancang olehpeneliti asal Universitas Washington dan Universitas Aalto dari Finlandia.Salah satu masalah utama peneliti adalah jarak minimal mata manusia denganjarak minimal focal sekitar beberapa sentimeter sehingga setiap informasi yangdiproyeksikan lensa akan terlihat buram.

Untuk mengatasi hal itu, parapeneliti memasukkan satu set lensa Fresnel ke dalam perangkat. Lensa itu lebihtipis dan datar dari lensa besar konvensional dan digunakan untuk memfokuskangambar yang diproyeksikan ke retina.

Hasil penelitian itu diterbitkandalam Journal of Micromechanics dan microengineering.

Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar