Rabu, 07 Desember 2011

Nutrisi Terbaik Untuk Otak Anda




Otak bisa jadi seperti 'CPU' bagitubuh karena tubuh tidak bisa bekerja jika otak tak berfungsi dengan baik.Untuk itu agar fungsinya tetap baik dan optimal, maka otak membutuhkan 4nutrisi penting ini.

Otakadalah organ yang paling penting untuk mendukung atau mengatur fungsiorgan-organ lainnya. Selain itu organ ini juga mengatur sendiri kebutuhan akan'bahan bakar' atau nutrisinya agar bisa terpelihara dan berfungsi dengan baik.

Jikaotak mendapatkan asupan yang tepat maka ia akan mampu memberikan sinyal-sinyalyang tepat sehingga tubuh mampu melakukannya dengan benar. Berikut ini adalah 4nutrisi yang penting untuk otak, seperti dikutip dari Lifemojo, yaitu:

1. Asam lemak esensial
Asamlemak memainkan peran penting dalam mempromosikan pertumbuhan sertaperkembangan otak. Nutrisi ini juga meningkatkan sirkulasi darah, mencegahdepresi dan sebagai penguat suasana hati yang menyenangkan sehingga memberikanefek positif dan vitalitas ke otak.
Asamlemak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi otak ini termasuk ALA(alpha linolenic acid), EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoicacid). Sumbernya dari kacang almond, minyak biji rami, minyak ikan, salmon,sarden dan mackerel.

2. Vitamin B
Beberapakelompok vitamin B memberikan manfaat untuk fungsi otak seperti:

- Vitamin B6 atau Pyridoxine yangpenting untuk produksi berbagai neurotransmitter seperti serotonin, dopamin danmelatonin. Studi menunjukkan asupan vitamin ini mampu meningkatkan memori padaorang tua, sumbernya dari biji-bijian, pisang, susu, daging dan sayuran berdaunhijau.
- Vitamin B12 yang memainkan perankunci dalam fungsi normal otak dan sel saraf serta pembentukkan sel darahmerah. Vitamin ini diperoleh dari ikan, telur, susu dan produk susu sepertikeju.

3. Antioksidan
Nutrisiini melindungi sel-sel otak dari proses oksidasi sehingga mampu mencegahpenyakit, serta membantu mengembalikan memori dengan meningkatkan keseimbanganmotorik dan koordinasi. Sumbernya dari buah jeruk, lemon, anggur, ceri, tomat,sayuran berdaun hijau, teh hijau, biji rami dan almond.

4. Vitamin E
Vitaminini membantu menjaga sirkulasi darah di otak serta bisa berfungsi sebagaiantioksidan yang kuat. Sumbernya dari minyak bunga matahari, minyak gandum,tomat, labu, ubi jalar, mangga, asparagus, brokoli dan pepaya.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar