Minggu, 25 Desember 2011

Hujan-hujanan Tak Sebabkan Masuk Angin






Ingin menghindari masukangin, jangan tinggal di dalam rumah. Begitu yang disarankan oleh ahli penyakitmenular, Profesor Peter Collignon. Beberapa anggapan yang mengatakan bahwacuaca dingin dan hujan di luar bisa menyebabkan sakit, ternyata sudah dianggapsebagai 'ajaran' kuno.



"Anggapan bahwalebih baik tinggal di dalam rumah ketika cuaca luar sedang dingin bukan hanyasalah, namun berbahaya," ujar pria yang juga direktur Penyakit Infeksi diAustralian National University di Canberra.



Ia menganggap orang yangberada di dalam rumah justru lebih berpotensi untuk sakit. Menurutnya, bukankondisi cuaca yang membuat seorang menjadi sakit. Namun, ia menganggap responterhadap suhu dingin itulah yang menyebabkan sakit. Di dalam ruangan, virusjustru lebih berpotensi untuk tersebar.



"Mereka yangtinggal di dalam rumah juga kurang mendapatkan vitamin D karena mereka tidakmendapatkan sinar matahari," ujar dia.



Dua profesor ahlipenyakit menular di Australia mengatakan orang-orang yang pergi ke luar saatcuaca dingin dan hujan mendapatkan lebih banyak vitamin D sehingga lebih kecilkemungkinannya untuk sakit flu.



Pakar lain, dariUniversity of Sydney, mengingat percobaan yang dilakukan di Inggris beberapatahun yang lalu. Profesor David Isaacs menceritakan bagaimana para penelitidari Research Unit Common Cold di Salisbury menempatkan relawan di sebuah kolamrenang di tengah musim dingin dan ternyata mereka tidak pilek.



"Dingin itu tidakmenyebabkan anda menjadi demam," katanya. "Stres karena berada didalam ruangan yang penuh sesak, jauh lebih berbahaya," ujar Isaacs.



Penelitian ini turutdiamini oleh beberapa ibu. Miami Hazell, salah seorang ibu mengatakan anaknyamenderita asma dan paru-paru kronis. Sang anak justru mendapat keuntunganketika berada di luar ketika sedang hujan dan cuaca dingin.



Pengalaman serupa jugadialami oleh Annette Sage. Ibu ketiga anak ini berkemah pada saat musim dingin.Keluarga itu bahkan berenang di laut, namun tak satupun anaknya yang mengalamisakit. 



Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar