Minggu, 06 November 2011

Asal Usul Munculnya Ketupat




Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orangyang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakandua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Kupat dimulaiseminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanahJawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapamuda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yanglebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan.

Ketupat sendiri menurut para ahli memilikibeberapa arti, diantaranya adalah mencerminkan berbagai macam kesalahanmanusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat. Yang kedua,mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan,dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ketiga mencerminkankesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengankemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjakhari yang fitri. 

Rupa (jenis-jenis) Ketupat Indonesia
Ketupat atau Kupat adalah hidangan khasAsia Tenggara yang dibuat dari beras. Beras ini dimasukkan ke dalam anyamandaun kelapa dan dikukus sehingga matang. Ketupat paling banyak ditemui sekitarwaktu Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupatjuga sering dihidangkan dengan sate. Bila dihidangkan dengan tahu dan gulaimenjadi kupat tahu.Trus jika dihidangkan ditemani sayur labu/buncis menjai topmarkotop..Endyang Bambang Gurindang....Istimiwir n makyuusss tentunya . Selaindi Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Singapura dan sebagainya.

Di antara beberapa kalangan di Jawa,ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. DiBali ketupat sering pula dipersembahkan sebagaisesajian upacara.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar