Sabtu, 19 November 2011

Beberapa Jenis Makhluk Halus Di Pulau Jawa




 Medhon

Medhon adalah hantu atau setan yang berwujud putihseperti pocong, akan tetapi dapat menjadi panjang atau bahkan bisa mengecil.Medhon biasanya berada di kerumunan bambu. Ia memiliki ludah yang bisa membuatorang mati dan tubuh korbannya berbintik-bintik hitam.

Danyang
Danyang adalah penunggu suatu daerah tertentu yangsudah menetap lama—penunggu suatu tempat—contohnya punden dan tempat-tempatkeramat. Biasanya Danyang ini sulit diusir bahkan kadang-kadang dijadikanidentitas suatu daerah. Ada salah penafsiran tentang danyang biasanyaorang-orang mengatakan danyang adalah roh pendiri tempat tersebut misal suatudesa A dengan danyang A. Akan tetapi itu salah, Danyang merupakan iblis yangsulit diusir sehingga seorang pendiri kampung biasanya membiarkannya tetapdisitu istilah jawanya sisihan enggon. Danyang sering disertai macan putihsebagai kendaraannya.

Bajang Angkrik
Bajang Angrik adalah setan yang dapat menyamar,wujud sebenarnya berupa seorang tambun kerdil yang berkepala kecil. Tapi diabisa menyamar sebagai apa saja biasanya berupa perampok, begal dll. Sebenarnyaia tidak berbahaya hanya menguji keimanan saja terutama para pertapa.

Onggo Inggi
Setan ini memiliki siung panjang dan lidahpanjang, rambut gimbal dan menyeramkan biasanya bertempat di rawa-rawa. Setanyang satu ini sangat menakutkan karena meminum darah manusia

Keblek
Keblek adalah setan yang sebenarnya adalahjejadian saja seperti halnya babi ngepet. Bentuknya seperti kelelawar danberperut tambun hingga menyentuh tanah hingga menimbulkan suara Blek!1 Blek!!!Blek!!! Dan memang ia bisa menyedot harta benda orang yang rumahnya didatangi.Biasanya dibelakang rumah terdengar suara Blek!!! Blek!! Blek!!! Dan tahu-tahuharta didalam rumah hilang. Ia dikategorikan setan pencuri.

Tuyul
Setan ini sangat populer, bahkan ada seminar yangmembahas tentang tuyul. Tuyul adalah setan yang memiliki tuan yang makanannyaadalah ASI dari tuannya. Ia dikategorikan juga sebagai setan pencuri.

Thethekan
Setan yang satu ini sangat menghibur tapiorang-orang juga sering takut. Belum ada yang mengetahui wujudnya. Karena hanyaberupa suara berirama seperti kentongan. Atau pukulan-pukulan pada bambu. Yangditakutkan orang-orang karena setan ini usil sering melempar kerikil atau batuyang tak tahu entah darimana datangnya.

Banaspati
Banaspati berupa api yang berkobar seperti manusiayang di penuhi api. Ia sering juga mengganggu manusia menyerang dan meminumdarahnya, sehingga dikategorikan setan pengganggu

Gendruwo
Setan yang satu ini sangat populer juga. Biasaberada di pohon-pohon besar dan sering mengganggu perempuan. Wujudnya tinggibesar dan berbulu dia juga bisa menyamar sebagai suami orang, sehingga seorangistri tertipu melayaninya. Maka tak ayal kadang ada anak dari seorang ayahgendruwo. Dan dia gemar menculik orang, sehingga ia sangat dibenci olehsiapapun karena tindakannya yang jahil.

Kemamang
Wujudnya api berkobar bulat dan menghunidaerah-daerah datar, seperti padang rumput luas, persawahan, dan kebun-kebun.Ia tidak berbahaya dan sering muncul ketika persawahan habis panen. Jikadicermati lama-lama menjadi sangat besar. Dan sekali lagi jangan dituding ataudiperhatikan karena lama kelamaan malah menjadi besar jika tidak dihiraukan iaakan hilang dengan sendirinya.

Kalasrenggi
Kalasrenggi ini mirip tokoh wayang, akan tetapidia disebut sebagai setan penolong misalkan anda jatuh tiba-tiba tidak jadi.Anda lupa kemudian tiba-tiba ingat. Punya firasat tidak enak tentang sesuatudan kejadian beneran. Wujudnya berambut gimabal berbadan tambun dan tinggibesar atau bisa juga seperti kakek-kakek. Tapi ia sangat jarang menampakkandiri.

Wewe
“Hati-hati jangan main disungai bisa diculikwewe!!!” Begitu cara ibu-ibu jaman dahulu menasehati anak-anaknya agar tidakbermain ditepi sungai. Biasanya ia malah muncul di tengah hari berupanenek-nenek berambut gimbal berbaju compang-camping dan suka menyanyi nyanyi.Dia juga berbahaya karena suka menculik anak-anak.

Cumplung Atau Jerangkong
Jerangkong berupa tengkorak manusia yang tinggalkepalanya sahaja. Uniknya ia bersuara seperti ayam. Kruk!!! Kruk!!! Kruk!!!Tempat-tempat yang lebat dan rimbun yang disukainya. Seperti di hutan dandibawah pepohonan. Seperti halnya hantu kepala ia kadang-kadang menyamarmenjadi buah dari pohon tersebut.

Blorong
Blorong adalah setan berwujud ular berkepalawanita. Tempatnya biasa dibebatuan, persawahan, atau tepi-tepi sungai yangrimbun, goa. Blorong bukan hanya Nyi Blorong itu saja tapi Blorong adalah jenissetan yang Berbadan ular berkepala manusia.

Truna Lele
Truna Lele adalah lele yang tidak berdagingseperti halnya ikan, ia berada di sungai-sungai. Ada cerita sejarah yangmenarik tentang Truna Lele. Dahulu Sunan kalijaga lapar kemudian mendapatseekor lele, ia membakarnya tapi tidak sampai menghabiskannya karena kasihan iadilepas lagi, anehnya ia tetap hidup meski tanpa daging. Dia seringdisebut-sebut rajanya ikan lele.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar