Selasa, 22 November 2011

Penyakit Insomnia Dapat Menular





Bila Anda menderita gangguan tiduratau insomnia, cobalah mencari tahu apakah ada anggota keluarga yang mengalamihal serupa. Bisa jadi Anda telah tertular dari kerabat. Sebuah penelitian diKanada menemukan, insomnia dapat menular dari satu anggota keluarga kepadaanggota lainnya.

Para peneliti dari Fakultas Psikologidi Universitas Laval Kanada menemukan, setiap orang memiliki risiko"tertular" gangguan tidur sebesar 37 persen. Riset menguji 3.485orang partisipan. Semuanya ditanya apakah mereka memiliki kualitas tidur yangbaik atau tidak. Bila ada gangguan tidur, mereka juga akan ditanyakan apakahada kerabat yang memiliki gangguan serupa.

Sebanyak 40 persen responden mengakui,setidaknya ada satu orang yang menderita insomnia dalam keluarga mereka. Diantara responden, 76 persen menyatakan memiliki satu anggota keluarga yangmengalami gangguan tidur, 21 persen mengatakan ada dua, dan tiga persen lainnyamemiliki tiga kerabat yang mengidap insomnia.

Seperti dikutip dari Genius Beauty,ahli menyimpulkan, risiko mengidap insomnia tergantung pada jumlah anggotakeluarga yang lebih dulu mengalaminya. Semakin banyak anggota keluarga yangmengalami gangguan tidur, makin besar risiko anggota keluarga lain mengalamipenyakit itu.

Ilmuwan belum menemukan pengaruhfaktor genetik pada sifat menular insomnia. Mereka menduga hal ini kemungkinandisebabkan adanya sifat bawaan kurang tidur dan kecemasan berlebihan.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar