Selasa, 29 November 2011

Mengenal Sejarah Logo Adidas




Sejarah merk sepatu yang sangat terkenal inidimulai pada tahun 1920 oleh Adi (Adolf) Dassler di ruang cuci milik Ibunya.Waktu itu Adi Dassler membuat proyek kecil-kecilan dengan membuat sepatuolahraga.

Sejarah Adidas



Karena tingginya kualitas sepatu yangdihasilkannya, akhirnya bisnis kecil-kecilan tersebut mulai membuahkan hasil.Pada tahun 1924, Adi Dassler dan saudaranya Rudolf Dassler mendirikan"Dassler Brothers OGH" yang nantinya menjadi cikal bakal Adidassekarang.
Komitmen Adi Dassler pada kualitas, membawaDassler Brothers sebagai produsen sepatu berkualitas tinggi, sehingga seringdipakai oleh atlit-atlit legendaris masa itu untuk Olimpiade. Puncakketerkenalan sepatu Dassler Brothers adalah ketika Jesse Owen menjadi atlitpaling sukses pada Olimpiade Berlin pada tahun 1936 dengan mengenakan sepatubuatan Dassler.
Pada tahun 1948, Adi dan Rudolf memutuskan untukberpisah dan masing-masing membuat merk sepatu sendiri. Rudolf membuat merksepatu 'Puma' sedangkan Adi membuat merk 'Adidas.' Pengambilan nama Adidasberasal dari nama Adi Dassler dengan menggabungkan nama depan Adi dan satu sukukata nama belakang Dassler yakni 'das' sehingga menjadi kata 'Adidas'. Sekadarinformasi bahwa nama asli dari Adi Dassler adalah Adolf Dassler, tapi orangJerman sering memanggil nama Adolf sebagai Adi. Didukung oleh kemajuan bidangpenyiaran dan pertelevisian, adidas menikmati keuntungan dari event olahragaseperti Olimpiade atau sepakbola, karena logo 3 stripes mereka mudah dikenalidari jauh. Ia pun mendafarkan logo 3 stripes sebagai trademark dari adidas. 3stripes yang diciptakan agar kaki stabil, namun akhirnya menjadi logo.

Evolusi Logo Adidas



Penggunaan logo Adidas sendiri baru dipergunakanpada sekitar tahun 1948, pada saat dua bersaudara Dassler tersebut berpisah.Secara visual, logo Adidas hanya berupa huruf Adidas, dengan nama Adolf Dasslerdiatasnya serta ilustrasi sepatu ditengahnya. Dengan merk ini, sepatu buatanAdi Dassler mencapai titik kesuksesannya, dengan diakuinya merk sepatu Adidasdiajang pesta olahraga dunia seperti Olimpiade Helsinki, Melbourne, Roma danlainnya. Serta saat itu tim sepakbola Jerman menjadi juara dunia sepakboladengan menggunakan sepatu Adidas.
Pada tahun 1972, logo Adidas mengalami perubahan yaknidengan menggunakan konsep 'Trefoil Logo', yaitu logo dengan visual tiga daunterangkai. Konsep tiga daun ini memiliki makna simbolisasi dari semangatOlimpiade yang menghubungkan pada 3 benua. Sejak saat itulah Adidas menjadisepatu resmi yang dipergunakan pada even Olimpiade diseluruh dunia.
Akhirnya setelah bertahun-tahun berjaya danmengalami liku-liku perkembangan usaha, pada tahun 1996, Adidas mengalamimodernisasi dengan menerapkan konsep 'We knew then - we know now' yang kuranglebih menggambarkan kesuksesan masa lalu dan kejayaan hingga kini. Adapun logobaru yang digunakan secara visual berupa tiga balok miring yang membentuktanjakan yang menggambarkan kekuatan, daya tahan serta masa depan. Sejak saatitu logo Adidas tidak pernah mengalami perubahan, serta masih berjaya hinggasaat ini.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar