Jumat, 25 November 2011

Pergi Ke museum Tanda Orang Bahagia




Kebahagiaan seseorang dalam hidup bisa dilihat dari perilakunya sehari-hari. Selainrajin ikut kegiatan rohani, penelitian menunjukkan bahwa sering pergi ke museumjuga termasuk ciri-ciri orang yang puas dan bahagia dengan hidupnya.
Dalam sebuah penelitian di Norwegia, pergimengunjungi museum memiliki pola hubungan yang sama dengan menonton acarakebudayaan seperti pameran lukisan dan festival tari tradisional. Hobi menontonacara kebudayaan juga menunjukkan seseorang lebih bahagia.
Hubungan antara perilaku tersebut dengankebahagiaan hidup dan kesehatan jiwa secara umum teramati baik pada pria maupunwanita. Namun pada pria pengaruhnya relatif lebih besar yakni 9 persen,dibandingkan pada wanita yang hanya sekitar 3 persen.
Hasil penelitian ini sudah disesuaikan denganberbagai faktor yang bisa mempengaruhi aspek psikologis, termasuk kebiasaanmerokok, konsumsi alkohol serta faktor sosial dan ekonomi. Bahkan dalampenelitian ini, kebiasaan olahraga terbukti mempengaruhi kebahagiaan.
Penelitian yang dipimpin oleh Koenraad Cuypersdari Norwegian University of Science and Technology ini melibatkan 50.000partisipan yang diamati terus menerus selama 3 tahun. Aktivitas kebudayaan yangdiamati antara lain pergi ke museum, pameran seni, konser musik dan film.
Selain lebih bahagia, partisipan yang gemarmenonton aktivitas kebudayaan juga menunjukkan kecenderungan lain. Di antaranya14 persen lebih puas dengan hidupnya, 13 persen lebih jarang merasa gelisah dan12 persen lebih jarang mengalami depresi.
Dalam laporannya yang dimuat dalam Journal ofEpidemiology & Community Health, Cuypers mengatakan bahwa aktivitastersebut diyakini mempengaruhi fungsi otak, pikiran dan sistem kekebalan tubuh.Kebiasaan ini juga sangat mempengaruhi kesehatan dengan mengurangi level stres.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar