Selasa, 01 November 2011

Ternyata Orang Narsis Sering Merasa Iri




Kata narsis sering digunakansebagai istilah untuk menyebut orang yang 'gila foto' dan membanggakan dirisendiri. Padahal, narsis merupakan penyakit mental yang si penderitanya seringkali merasa iri danmenganggap orang lain iri padanya.
Narsis atau yang dalamistilah ilmiahnya Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah penyakitmental ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi untukkepentingan pribadinya dan juga rasa ingin dikagumi.
Menurut Diagnostic andStatistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV-TR), orang yang memilikikepribadian narsistik biasanya selalu merasa lebih dari orang lain, butuhkekaguman yang berlebihan, kurangnya empati dan iri hati.
Tidak hanya sering merasa iripada orang lain, orang dengan kepribadian narsistik juga menganggap bahwa oranglain merasa iri pada dirinya. Pada orang narsistik juga sering muncul sifatsombong, arogan, tanpa emosi dan merendahkan orang lain, seperti dilansir MayoClinic, Sabtu (20/8/2011).
Narsis termasuk salah satudari tipe penyakit kepribadian. Seseorang yang menderita gangguan narsisbiasanya diiringi juga dengan pribadi yang emosional, lebih banyakberpura-pura, antisosial dan terlalu mendramatisir sesuatu.
Namun, di balik topeng kepercayaandiri yang tinggi terdapat sebuah harga diri yang rapuh dan sensitif terhadapsetiap kritik kecil. Hal ini terjadi dengan sendirinya dan jika gangguan inibegitu kuat sehingga mengasingkan seseorang dari masyarakat, maka perlumengambil langkah-langkah penyembuhan, seperti melakukan psikoterapi.
Diagnostic and StatisticalManual of Mental Disorders serta American Psychiatric Association menyebutkanbeberapa gejala dan kriteria penyakit narsis, diantaranya :


1. Mementingkandiri sendiri, melebih-lebihkan prestasi dan bakat yang dimiliki, berharapdikenal sebagai orang unggul tanpa ada hasil atau pencapaian tertentu.
2. Terlalubangga dengan fantasinya dan memiliki tujuan yang tidak realistik tentangkeberhasilan yang tiada batas, kekuatan, kepintaran, kecantikan atau kisahcinta yang ideal.
3. Percayabahwa dirinya sangat spesial dan hanya bisa bergabung atau bergaul denganorang-orang yang juga memiliki status tinggi.
4. Memerlukanpujian yang berlebih ketika melakukan sesuatu
Memiliki keinginan untuk diberi julukan tertentu
5. Bersikapegois dan selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk mendapatkanapa yang diinginkannya
6. Tidakmemiliki perasaan empati terhadap sesame
7. Selalumerasa iri hati dengan keberhasilan orang lain dan percaya bahwa orang lain jugairi padanya
8. Menunjukkansifat arogan dan merendahkan orang lain
9. Mudahterluka, emosional dan memiliki pribadi yang lemah.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar