Senin, 28 November 2011

Makan Cokelat Dapat Mengurangi Stroke Pada Wanita





Studi observasional terbaru mengungkap bahwacokelat tak hanya sekedar makanan yang nikmat. Para ilmuwan bahkan menemukankhasiat cokelat untuk kesehatan.
Konsumsi cokelat bermanfaat untuk menyehatkan jantung.Para peneliti pun telah melakukan rangkaian penelitian yang mengaitkan antarakonsumsi cokelat, kesehatan jantung, dan risiko stroke pada wanita.
Seperti dikutip laman Daily Mail, sebuah studiyang melibatkan lebih dari 33.000 wanita Swedia menemukan bahwa wanita yanglebih banyak mengonsumsi cokelat makin rendah resiko mereka terserang stroke.Hasil penelitian juga mengungkap bahwa kandungan kakao dalam cokelat juga mampumeningkatkan kesehatan jantung.
Pemimpin riset Susanna Larsson dari KarolinskaInstitutet di Stockholm, mengatakan, studi sebelumnya telah mengaitkanflavonoid dalam cokelat dengan penurunan tekanan darah tinggi, sebuah faktorrisiko untuk stroke.
Namun, ia mengatakan studi terbaru bukan beartimembuat mereka yang mengonsumsi banyak cokelat bisa bebas 100 persen daripenyakit stroke. Setiap orang masih tetap perlu mewaspadai masalah stroke meskitelah rutin mengonusmsi cokelat.
"Mengingat desain observasional penelitian,temuan dari studi ini tidak dapat membuktikan bahwa cokelat itu yang menurunkanrisiko stroke," kata Dr Larsson.
Sementara ia percaya cokelat dapat meningkatkankesehatan, dia juga memperingatkan bahwa makan cokelat terlalu banyak juga bisamenyebabkan kontraproduktif.
“Cokelat harus dikonsumsi dimoderasi karena tinggikalori, lemak, dan gula, " katanya.
"Cokelat mengandung kakao. Cokelat hitamtanpa gula dan susu lebih baik dan lebih menguntungkan untuk kesehatan.”
Dr Larsson dan rekan-rekannya, memuat temuan inidalam Journal of American College of Cardiology, juga memuat data dari sebuahstudi mamografi yang mencakup laporan dari berapa banyak wanita yangmengonsumsi cokelat pada tahun 1997. Rata-rata mereka yang diteliti berusia49-83 tahun.
Selama dekade berikutnya, ada 1.549 kasus stroke,dan wanita yang makan lebih banyak cokelat, memiliki risiko yang lebih rendah.Di antara mereka dengan asupan cokelat tertinggi setiap minggunya, atau lebihdari 45 gram, ditemui ada 2,5 stroke per 1.000 wanita per tahun.
Angka itu adalah 7,8 per 1.000 di antara wanitayang makan sedikit (kurang dari 8,9 gram per minggu). Stroke adalah suatukondisi medis yang serius yang terjadi ketika pasokan darah ke bagian otakterputus. Orang berusia di atas 65 adalah yang paling berisiko. Hampir 800.000orang Amerika dan Inggris, 150.000 menderita stroke setiap tahun, dengansekitar seperenam dari mereka sekarat dan banyak mengalami cacat.
Bagi mereka yang berisiko tinggi, doktermerekomendasikan obat untuk menurunkan tekanan darah, menyarankan untukberhenti merokok, berolahraga lebih banyak dan makan makanan sehat.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar