Senin, 21 November 2011

Terlalu Banyak Makan Bayam Beresiko Terkena Batu Ginjal



Bayambiasanya identik dengan 'Popeye si Pelaut' yang bisa menguatkan otot. Tapiterlalu banyak makan bayam ternyata dapat berkontribusi mengembangkan batuginjal karena mengandung tinggi kalsium oksalat.

Batuginjal atau dalam istilah kedokteran dikenal sebagai Nephrolithiasis terjadiakibat adanya massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang salurankemih dan bisa menimbulkan penyumbatan atau juga infeksi. Batu tersebut bisaterbentuk di ginjal maupun di kandung kemih.

Urinemengandung berbagai bahan kimia yang membantu menjaga semua komponen dalamurine dalam bentuk larutan untuk mencegah pembentukan kristal. Biasanya,produk-produk limbah larut dalam urine dan perjalanan ke ginjal di mana produklimbah akan dieliminasi dari tubuh.

Batuginjal terbentuk ketika bahan kimia dalam urine tidak seimbang dengan komponenkemih lainnya, seperti kalsium dan oksalat. Hal ini dapat disebabkan karenaasupan berlebihan dari makanan kaya oksalat, seperti bayam.

Jika Andarentan mengembangkan batu ginjal karena kalsium oksalat, diet dengan makananrendah oksalat dapat membantu. Pada diet ini, Anda tidak diizinkan untuk makanbayam, yang dikategorikan sebagai makanan tinggi oksalat karena mengandungsetidaknya 10 mg per porsi oksalat, seperti dilansir Livestrong, Rabu(4/10/2011).

Kandunganoksalat juga tinggi pada makanan seperti kacang, mentega kacang, produkkedelai, pretzel, roti gandum, buah berri, anggur, wortel, seledri, terong,buah zaitun, kentang, ubi jalar (sweet potato) dan cokelat.

Makanandengan kandungan oksalat menengah, yang berisi 2 sampai 10 mg oksalat contohnyayogurt, apel, persik, pir, nanas, oatmeal, brokoli selada, jagung, tomat danbawang.

Sedangkanmakanan dengan kandungan oksalat rendah dengan 2 mg oksalat per porsi antaralain keju, susu, pisang, jeruk, alpukat, ceri, pasta putih, nasi putih, bacon,daging sapi, ham, ayam, kerang, kembang kol, mentimun dan jamur.

Selainmengurangi makanan yang mengandung banyak oksalat, orang dengan bakat batuginjal juga harus banyak minum air putih. University of Pittsburgh MedicalCenter merekomendasikan bahwa orang yang rentan terhadap batu ginjal kalsiumoksalat untuk minum 8 sampai 13 gelas air putih per hari.

Sumber :ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar