Selasa, 22 November 2011

Terapi Citra Tubuh Dapat Menghentikan Kecanduan Rokok


Belajar mencintai tubuh sendiri lebihefektif untuk membantu orang berhenti merokok dan menurunkan berat badanketimbang hanya melakukan olahraga. Jika ingin berhenti merokok dan diet,cobalah untuk bisa mencintai tubuh Anda.

Terapi citra tubuh (body image)seringkali berisi latihan cermin, di mana perempuan melihat refleksi dirimereka. Bukan untuk mengkritik bagian tubuh tetapi fokus pada aspek penampilanyang dikagumi.

Manfaat dari terapi ini terungkapketika peneliti mulai melakukan investigasi bagaimana olahraga dapatmempengaruhi orang untuk berhenti merokok pada wanita usia 18 hingga 24 tahun.

Pertama, peneliti mewawancara 43perempuan muda dan mengetahui bahwa berat badan dan body image merupakankekhawatiran utama dalam berhenti merokok. Peneliti kemudian memutuskan untukmenambahkan komponen body image dalam penelitian ini.

"Komponen body image sangatberguna, karena 44 persen partisipan mengatakan mereka akan kembali merokokbila berat badan tetap naik," jelas Melissa Napolitano, PhD, psikologklinis di Center for Obesity Research and Education do Temple University,Philadelphia, seperti dilansir timeofindia, Sabtu (15/10/2011).

Peneliti menemukan 10 persen lebihperempuan di kelas terapi body image dapat berhenti merokok setelah 1 minggudan turun berat badan lebih banyak ketimbang kelompok yang hanya melakukanolahraga.

"Menggunakan pelatihan kemampuanbody image dapat membantu orang untuk berhenti merokok karena hal itumemberikan kemampuan dan alat untuk membantu orang merasa lebih baik dengandirinya sendiri dan tidak ingin kembali merokok agar dapat mengontrol beratbadan," jelas Napolitano.
                                             
Penelitian ini telah dipresentasikanbaru-baru ini di pertemuan tahunan Society for Behavioral Medicine di Montreal.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar