Rabu, 16 November 2011

Merokok Dapat Memicu Infeksi pada Telinga




BERTAMBAH lagi alasan untuk menghentikan kebiasaanmerokok. Tak hanya bahaya untuk diri sendiri yang akan dihadapi, ternyata adaefek yang lebih membahayakan untuk si kecil. Ditemukan, anak yang memilikiorang tua perokok lebih berisiko mengalami infeksi telinga dan memiliki masalahpendengaran.

Bahaya itu dua lipat lebih berbahya bila sang ibuyang merokok. Ketika ibu menyalakan rokok, anak-anak hampir dua kali lebihmungkin memgalami infeksi telinga. Ketika ibu merokok, anak-anak juga 86 persenlebih berisiko untuk mejalani operasi untuk masalah pada telinga tengah,termasuk infeksi telinga berulang, jika dibandingkan dengan bila tidak adaperokok di rumah.

Dr Joseph DiFranza, seorang peneliti tembakau dariUniversity of Massachusetts Medical School di Worcester, mengatakan bahwapeningkatan risiko infeksi telinga pada anak ini sungguh mengkhawatirkan.

Para ahli berspekulasi bahwa paparan asap rokok dapat menyebabkan tabung ditelinga meradang dan menimbulkan penyumbatan. Air kemudian bisa bocor kekantong kosong di belakang gendang telinga, menciptakan lingkungan yang idealbagi bakteri untuk tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Selain itu, orang tua yang merokok juga telahdikaitkan dengan masalah asma dan alergi pada anak-anak. Adapun ibu yangmerokok selama hamil juga menempatkan bayi mereka pada risiko kematian bayimendadak.

Sumber : ForumkamiNET


Tidak ada komentar:

Posting Komentar