Rabu, 16 November 2011

Penyusutan Tinggi Badan Pertanda Tulang Rapuh




Secaraalami, pada usia tertentu tinggi badan akan berhenti tumbuh lalu perlahan-lahanakan menyusut. Namun perlu diwaspadai jika penyusutan itu terjadi terlalucepat, sebab itu tandanya tulang mulai rapuh dan mudah retak atau patah.

Penyusutantinggi badan biasanya terjadi setelah melewati usia 30-an tahun, ketikapertumbuhan fisik sudah mencapai titik jenuh. Penyusutannya juga sangat kecil,hampir tidak disadari karena hanya berkisar antara 1-2 cm dalam beberapa tahun.

Namunsebuah penelitian yang dilakukan Dr Marian Hannan dari Hebrew Sedior Lifemenunjukkan, penyusutan tinggi badan juga bisa menjadi indikator kesehatantulang secara umum. Makin cepat penyusutan itu terjadi, maka makin banyakmasalahnya pada tulang.

Dr Hannanmengatakan, penyusutan dikatakan terlalu cepat dan bisa menunjukkan bahwaseseorang rentan mengalami patah tulang jika pada usia di atas 70 tahun tinggibadannya berkurang 5 cm dalam 2 tahun. Jika menyusut lebih dari 10 cm dalam 2tahun, kemungkinan besar mengalami osteoporosis atau penyusutan massa tulang.

"Penyusutantinggi badan baik pada laki-laki maupun perempuan, khususnya di usia lanjut,dapat memberi gambaran kasar terkait kondisi kesehatan tulang dan risiko patahtulang," ungkap Dr Hannan.

Khususpada laki-laki, penyusutan tinggi badan yang terlalu cepat di atas usia 70tahun juga bisa menandakan kelainan pada jantung. Tidak dijelaskan lebih detailapa jenis kelainan yang dimaksud, namun dikatakan jadi lebih rentan terhadap berbagaigangguan kardiovaskular.

Ditambahkanoleh Dr Hannan, penyusutan tinggi badan dan pengeroposan massatulang bisa dicegah dengan gayahidup sehat. Caranya dengan rajin berolahraga, mengurangi rokok dan mengonsumsimakanan yang banyak mengandung kalsium serta vitamin.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar