Kamis, 10 November 2011

Dampak Negatif Radang Dingin Bagi Kesehatan Tubuh




Radang dingin terjadi ketika jaringan kulit besertajaringan tubuh di bawahnya membeku. Kulit menjadi sangat dingin, kaku, kerasdan pucat.

Frostnip ialah tahap pertama radang dingin, yaituterjadinya iritasi kulit tetapi tidak menyebabkan kerusakan permanen. Radangdingin dapat segera diobati dengan langkah-langkah pertolongan pertama, yaitumemanaskan kulit perlahan-lahan dengan air hangat.

Radang dingin yang parah memerlukan perhatian medis karenadapat merusak kulit, jaringan, otot dan tulang, serta mengakibatkan komplikasiseperti infeksi dan kerusakan saraf.

Gejala
Tanda dan gejala radang dingin meliputi:
·        Sensasi sedikit nyeri atau gatal-gatal
·        Kulit menjadi putih, pucat ataukuning keabu-abuan
·        Lilin kulit terlihat mengeras
·        Perasaan dingin atau terbakar
·        Mati rasa
·        Kekakuan sendi dan otot
·        Dalam kasus yang parah, kulitmelepuh
·        Karena mati rasa, penderitamungkin tidak menyadarinya sampai orang lain menunjukkannya.

Radang dingin terjadi dalambeberapa tahap:

1. Frostnip.
Ialah bentuk ringan radangdingin di mana kulit berubah warna menjadi merah dan terasa sangat dingin.Paparan dingin yang terus menerus akan menyebabkan mati rasa di daerah kulityang terkena. Ketika menghangatkan kulit, mungkin akan terasa nyeri dankesemutan. Frostnip tidak secara permanen merusak kulit.

2. Radang dingin superficial.
Tahap kedua yang muncul setelahkulit memerah adalah kulit berubah menjadi putih atau sangat pucat. Kulit bisatetap terasa lembut, tetapi kristal-kristal es terbentuk di jaringan. Kulitmungkin mulai merasa seolah-olah hangat. Jika perawatan baru diberikan padatahap ini, permukaan kulit akan tampak berbintik-bintik biru atau ungu ketikamendapat pemanasan atau dicairkan.

Ketika pemanasan, mungkintimbul rasa tersengat, terbakar dan pembengkakan. 24 sampai 36 jam setelahdihangatkan, biasanya kulit akan melepuh dan berisi cairan.

3. Radang dingin parah.
Ketika radang dinginberlangsung, pengaruhnya sampai ke lapisan kulit hingga jaringan yang terletakdi bawahnya. Pada tahap ini akan terjadi mati rasa yang menipu di mana tubuhkehilangan semua sensasi dingin, rasa sakit atau ketidaknyamanan. Sendi atauotot mungkin tidak lagi bekerja.

Pelepuhan besar dapat terjadi24 sampai 48 jam setelah penghangatan. Setelah itu, daerah tubuh yang terkenaakan berubah hitam dan keras, menunjukkan jaringan yang telah mati.

Penyebab
Radang dingin terjadi ketikakulit dan jaringan di bawahnya membeku. Penyebab yang paling umum adalahpaparan dingin akibat kondisi cuaca, namun kontak langsung dengan bahanpembeku, seperti es, juga dapat menyebabkan radang dingin.

Kondisi khusus yang menyebabkanradang dingin antara lain:
·        Memakai pakaian yang tak cukuphangat atau tidak melindungi terhadap dingin, cuaca berangin atau basah
·        Tidak menutupi kulit saatterkena suhu dingin
·        Terlalu lama kedinginan ditempat terbuka
·        Menyentuh bahan yang membekuseperti es, kompres dingin atau logam yang telah terkena suhu beku

Radang dingin terjadi dalam duacara:

1. Kehilangan panas tubuh.
Radang dingin dapat berkaitandengan hipotermia, yaitu suatu kondisi di mana tubuh lebih cepat kehilanganpanas daripada yang mampu dihasilkan tubuh sehingga mengakibatkan suhu tubuhmenjadi sangat rendah.

Ketika suhu inti tubuh turun,sirkulasi tubuh ikut berkurang dan mengancam organ vital. Menurunnya sirkulasipada kulit dan pembekuan jaringan terjadi pada suhu sekitar 28 F (-2 C).

2. Kontak langsung.
Yaitu jika tubuh melakukankontak langsung dengan sesuatu yang sangat dingin seperti es atau logam. Paparantersebut akan menurunkan suhu kulit dan membekukan jaringan.

Perawatan dan obat-obatan
Pengobatan untuk radang dinginmeliputi pertolongan pertama, perawatan, dan pengobatan medis, tergantung padatingkat keparahannya.

Pertolongan dan perawatan pertama.Pemanasan kulit secara bertahap adalah kunci dalam mengobati radang dingin.Caranya;

1.    Lindungi kulit dari paparandingin. Jika berada di luar ruangan, selipkan tangan yang kedinginan ke ketiak.Lindungi wajah, hidung atau telinga dengan menutupinya dengan bahan yangkering. Jangan menggosok daerah yang terkena salju dan jangan pernah menggosokkulit yang sudah terkena frostbite.
2.    Keluar dari tempat dingin.Setelah berada di dalam ruangan, lepaskanlah pakaian yang basah.

3.    Secara bertahap, hangatkanbagian tubuh yang membeku. Taruh tangan atau kaki yang beku dalam air hangatdengan suhu sekitar 104-107,6 F (40-42 C). Bungkus atau tutupi bagian tubuhyang lain dengan selimut hangat. Jangan gunakan suhu panas secara langsung,seperti perapian, kompor, atau bantal pemanas. Hal itu dapat menyebabkan lukabakar.

4.    Jangan berjalan di tempatdingin tanpa alas kaki.

5.    Jika bagian tubuh yang membekusudah mencair, bungkuslah sehingga tidak menjadi beku lagi.

6.   Jika kulit menjadi merah sertadapat merasakan sensasi kesemutan dan terbakar karena penghangatan, makasirkulasi tubuh sudah kembali. Tetapi jika mati rasa atau nyeri berkelanjutanselama pemanasan atau terjadi lecet, segera cari pertolongan medis.

Perawatan medis
1. Hangatkan kulit. Jika belumpernah dilakukan sebelumnya, dokter akan menghangatkan daerah tubuh yangterkena dengan mandi air hangat. Daerah tubuh yang terkena direndam selama 15sampai 30 menit. Kulit akan berubah lembut dan tampak berwarna merah atau ungu.Karena proses penghangatan dapat terasa menyakitkan, dokter mungkin akanmemberikan obat nyeri.

2.  Setelah kulit tidak lagimembeku, dokter membungkus daerah tersebut dengan pakaian tebal atau perbanuntuk melindungi kulit. Penjepit atau belat mungkin diperlukan jika ada tulangatau otot yang ikut terkena imbas.

3.    Penghilangan jaringan yangrusak (debridement). Untuk dapat sembuh benar, kulit yang telah terkan radangdingin harus bebas dari jaringan yang rusak, mati atau terinfeksi. Untuk lebihmembedakan antara jaringan sehat dan mati, dokter mungkin menunggu satu sampaitiga bulan sebelum mengeluarkan jaringan yang rusak.

4.   Hidroterapi. Mandi dapatmembantu penyembuhan dengan menjaga kulit bersih dan secara alami menghilangkanjaringan mati.

5.  Antibiotik oral. Jika kulityang lecet terinfeksi, dokter dapat meresepkan obat antibiotik oral.

6.  Bedah. Dalam kasus yang parah,pembedahan atau amputasi mungkin diperlukan untuk menghilangkan jaringan yangmati atau membusuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar