Senin, 21 November 2011

Memakan Buah Apel Dapat Merusak Gigi




GIGI sehat menjadi bagian penting daripenampilan. Menurut penelitian, makan apel empat kali lebih merusak gigidibandingkan minuman soda.

Wine dan bir juga meningkatkan risikokerusakan gigi, tetapi tidak demikian halnya dengan acar bawang dan jeruk yangrasanya juga asam.

"Kesehatan gigi bukan hanyatentang apa yang kita makan, tapi bagaimana kita memakannya," kataProfesor David Bartlett, Lepala Prostodontik King’s College London DentalInstitute yang memimpin penelitian.

"Dokter benar mengatakan bahwaapel adalah makanan yang baik, tetapi jika Anda memakannya perlahan-lahan, makatingkat keasaman yang tinggi dapat merusak gigi Anda. Sementara, minuman yangpaling sering dikaitkan dengan perusak diet, terutama soda, tidak menunjukkanpeningkatan risiko yang sama,” tambahnya, seperti dikutip Dailymail, Senin(10/10/2011).

Hasil penelitian, katanya, menekankanbahwa saran diet sebaiknya juga mempertimbangkan makanan asam selain minumanringan yang biasa dikonsumsi.

Dalam studi tersebut, para penelitimencari kaitan antara keausan gigi pada beberapa titik di mulut dengan diet dilebih 1.000 pria dan wanita usia 18-30. Mereka mengamati kerusakan padapermukaan enamel gigi sedalam 2 mm, juga pada dentin (struktur penopang utamadari gigi bawah enamel), lalu membandingkannya dengan diet.

Hasilnya, orang yang makan apelberisiko 3,7 kali lebih besar mengalami kerusakan dentin sedangkan peminum sodatidak memiliki risiko tambahan. Jus buah meningkatkan kemungkinan kerusakandentin hingga empat kali lipat sedangkan bir yang berasa asam, berisiko merusakdentin hingga tiga kali lipat.

Bagaimana mengatasinya?

Beberapa buah apel mengandung empatsendok teh gula yang berkontribusi meningkatkan kadar asam dalam mulut.

"Buah dan jus buah ada yangrasanya asam dan memiliki kadar gula tinggi, tapi saya tidak mau orang berhentimengonsumsinya," kata Dr Glenys Jones, ahli gizi di Medical Research Council'sHuman Nutrition Research.

Salah satu saran adalah makan apelbersama susu atau sepotong keju yang mengandung kalsium sebagai penetral asam.Minum air segera setelah makan apel juga akan membantu meminimalkan efekberbahaya bagi gigi.

"Minum jus buah dan smoothiedengan sedotan adalah cara untuk melindungi gigi Anda. Menyikat gigi sebelumkonsumsi makanan asam juga dapat membantu karena memberikan penghalang antaramakanan dan gigi," sarannya.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar