Senin, 28 November 2011

Sejarah Penciptaan Jenis Huruf Times New Roman





Menyebut Times New Roman,tentu banyak orang yang tahu. Jenis huruf ini digunakan sebagai standar hurufdalam dunia pengetikan. Keberadaannya dikenal luas oleh orang dari berbagaikalangan profesi. Namun, seberapa banyak di antara kita yang mengetahui sejarahpenciptaan jenis huruf Times New Roman ini?
Huruf ini dirancang oleh seorangberkebangsaan Inggris bernama Stanley Morrison. Ia lahir padatanggal 6 Mei 1889 di Wanstead, Inggris. Stanley tumbuh sebagai figur yangtidak memiliki pengetahuan tentang percetakan, namun di kemudian hari iamenempati banyak posisi penting di dunia tersebut. Pengetahuannya yang banyakdalam hal tipografi didapatkan sejak menjadi anggota percetakan The PelicanPress.
Kecintaannya pada Tuhan membuatnyabanyak membaca buku-buku religius, bahkan karya tipografinya yang pertama jugaditujukan untuk gereja. Setelah keluar dari The Pelican Press, ia bekerja untukCloister Press di Manchester. Banyak desain-desain terbaiknya dihasilkan saatia bekerja di perusahaan ini. Lagi-lagi, karyanya banyak mencerminkan latarbelakang gereja katolik, hal ini terlihat pada ilustrasi dan berbagai macamdekorasi yang ia gunakan. Karena ia sangat membenci perang, gerakanantiperangnya membuat ia sempat dipenjara selama empat tahun (1914-1918).

Berawal dari Surat Kabar "Times"
Selama kurang lebih 30 tahun(1929-1960) Stanley Morrison menjadi konsultan huruf untuk koran The Times diLondon, Inggris. Sebagai konsultan huruf, pada tahun 1931 ia mengatakan padaTimes, ”The Times merupakan koran yang telah memiliki pelanggannya sendiri,kita memerlukan sebuah huruf yang tidak sama dengan barang dagangan padaumumnya, huruf itu harus baik pada dasarnya, namun juga mencerminkan kekuatandari garis, konsistensi, dan ekonomis bagi The Times”.
Karena kata-katanya itulah, 3Oktober 1932 menjadi hari pemasaran jenis huruf “Times” ke khalayak ramai,karena pada hari itu untuk pertama kalinya koran The Times dicetak denganmenggunakan jenis huruf yang dinamai seperti koran itu sendiri. StanleyMorisson bukan satu-satunya orang yang berada di balik layar kesuksesan huruftersebut. Ia juga dibantu temannya bernama Victor Lardent sebagai orang yang menggambarrancangan huruf ini.
Huruf bernama Times ini dengan cepatmenjadi sangat populer pada masa itu, banyak digunakan di koran, majalah,maupun buku laporan tahunan perusahaan. Huruf ini didaftarkan lisensinya keThe Monotype Corporation di Inggris, namun juga didaftarkan keperusahaan lisensi Linotype di Amerika, karena koran The Times banyakmendaftarkan lisensi dari produk-produknya ke Linotype. Akhirnya, pada tahun1945, The American Linotype Company mendaftarkan nama dagang ”Times Roman”secara terpisah, bukan sebagai bagian dari The Times ataupun Monotype. Disinilah terjadi perbedaan nama untuk penggunaan huruf ini dalam komputer.Linotype dan perusahaan-perusahaan di bawah lisensinya seperti Adobe dan AppleMacintosh menggunakan nama ”Times Roman”, sedangkan Monotype denganperusahaan-perusahaan di bawah lisensinya seperti Microsoft menggunakan nama “TimesNew Roman”.
Pada era ’80-an, Monotype mendesainulang Times New Roman dan mengklaim bahwa huruf yang di desain ulang ini lebihbaik daripada Times Roman yang dimiliki Linotype. Karena tidak mau kalah, padaperiode waktu yang berdekatan, Adobe-Linotype juga meluncurkan seri baru darihuruf Times, yang tentu saja mereka mengklaim huruf yang baru juga lebih baikdibanding huruf milik Monotype. Pada kenyataannya, sebagian atau mungkinseluruh pengguna huruf ini tak akan menyadari atau bahkan tak akanmempermasalah kan perbedaan di antara keduanya walaupun huruf-huruf tersebutdicetak sangat jelas dengan ukuran 10 pt dalam resolusi tinggi 300 dpi.
Lepas dari berbagai pertentangan diatas, terbukti bahwa Stanley Morrison telah berhasil menciptakan huruf yangbaik dengan ciri khasnya tersendiri sehingga jenis huruf ini terus dikenang dandigunakan oleh banyak kalangan hingga saat ini. Ia meninggal pada 11 Oktober1967 di London, Inggris.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar