Selasa, 01 November 2011

Inilah Beberapa Arti dan Makna Dari Mimpi




Seringkali Anda akan terbangun di malam hari karena mengalami mimpi yanganeh. Penasaran juga melanda, ingin tahu apa sebenarnya arti mimpi Anda itu.Menurut ahli, interpretasi mimpi dapat dihubungkan dengan hal-hal yang Andapikirkan kala sedang terjaga, sehingga maknanya dapat lebih mengena padakondisi Anda.

"Banyak ahli yang menggunakan mimpi untuk memahami apa yang sedangberkecamuk dalam pikiran seseorang," kata Deirdre Barrett, PhD, psikologsekaligus penulis buku The Committee of Sleep: How Artists, Scientists, andAthletes Use Dreams for Creative Problem-Solving – and How You Can Too, andTrauma and Dreams. Berikut adalah tiga mimpi yang paling sering dialami dan apamaknanya.

1.  Gigi tanggal
Kepercayaan lama mengatakan, kalau Anda mimpi gigi tanggal berarti Andaatau orang lain yang dikenal akan sakit atau meninggal. Selain itu, mimpi inijuga dapat diinterpretasikan Anda memiliki intuisi yang kuat tentang haltertentu, namun Anda tidak dapat menjelaskannya atau hal itu terasa tidak masukakal.

"Perasaan inilah yang terbawa hingga tidur, sehingga Anda akancenderung menggerakkan mulut seperti akan menggigit sesuatu. Ini menandakanAnda sedang melawan intuisi tersebut," jelas Barrett.

2.   Telanjang di depan umum
Mimpi seperti ini menandakan Anda sedang memiliki masalah dengan rasamalu. "Bermimpi tampil di depan orang banyak tanpa berpakaian atau denganbusana sangat minim termasuk paling sering terjadi," kata Barrett.

Namun, yang perlu diperhatikan saat menginterpretasikannya adalahseberapa minim pakaian Anda dan seberapa besar rasa malu yang Anda rasakandalam mimpi tersebut. Dari situ, Anda akan mengetahui seberapa sensitif diriAnda terhadap rasa malu dan norma kesopanan.

"Ada orang yang bisa bermimpi berjalan tanpa busana dan orang-orangseperti tidak memerhatikannya, lalu dia pun hanya sedikit merasa malu akan halitu," kata Barrett lagi. "Namun, ada juga orang yang bermimpi keluarrumah tanpa alas kaki, lalu mereka merasa sangat malu."

3.   Jatuh dari ketinggian
Ada perbedaan antara mimpi terjatuh dari tempat yang tinggi denganmerasakan sensasi jatuh. Jika Anda merasa ada sensasi seperti terjatuh padasaat diri Anda sendiri dalam kondisi transisi dari terjaga hingga tertidur, itusebenarnya adalah reaksi yang terjadi akibat perubahan di dalam pusatkeseimbangan di otak. Mimpi sepert ini dapat dianggap normal.

Sementara, jika Anda bermimpi jatuh dari jurang atau meluncur daritempat yang tinggi, ini mungkin adalah refleksi dari perasaan negatif dalamdiri Anda atau hilangnya kendali. Kecuali, Anda adalah orang yang menekuniolahraga terjun payung atau hobi bungee jumping, sehingga mengasosiasikankejadian jatuh ini dengan kegembiraan, begitu menurut Barrett.

Jadi, bila Anda mimpi jatuh bebas dari ketinggian, ini berarti Andakehilangan kendali diri dan mengharapkan sesuatu buruk akan terjadi saat Andajatuh di bawah.

4.   Tersesat di suatu tempat
Anda bisa saja memimpikan hal ini sehari sebelum menempuh perjalananjauh, karena Anda memang sering terlambat atau hilang arah. Namun, mimpiseperti ini juga bisa menandakan hal lainnya. "Yang lebih mendalam adalahsaat bermimpi tersesat, sebenarnya Anda sendiri sedang kehilangan arah dalamhidup dan berusaha mencari jati diri. Atau Anda ingin menghubungi seseorangnamun tidak tahu bagaimana caranya," jelas Barrett.

Sumber : ForumkamiNET


Tidak ada komentar:

Posting Komentar