Jumat, 25 November 2011

Dampak Sarapan Sebelum Dan Sesudah Olahraga




Olahraga pagi dapat membuat Anda merasa berenergi dan bersemangat untukmelakukan aktivitas. Namun untuk melengkapi hari, jangan lupa sarapan pagi.Lantas kapan waktu terbaik untuk sarapan, sebelum atau sesudah olahraga?

Kebanyakan ahli setuju bahwa makan makanan kecil sebelum olahraga pagiadalah yang terbaik. Umumnya, makanan kecil atau camilan dimakan 1-2 jamsebelum berolahraga.

Banyak orang yang percaya bahwa dapat membakar lebih banyak kalori ataulemak jika menunggu sarapan setelah selesai olahraga dan kegiatan pagi lainnya.Ada juga yangberalasan bahwa makan sebelum olahraga dapat membuat perut terasa tidak enak,apalagi bila bangun tidur tidak cukup pagi.

Namun menurut American College of Sports Medicine,penelitian menunjukkan bahwa olahraga dalam keadaan perut kosong dapatmenurunkan kinerja, seperti dilansir Livestrong.

Tanpa bahan bakar tubuh, orang mungkin tidak dapat berolahraga denganbaik. Berolahraga sebelum makan juga menyebabkan kadar gula menurun yangberakibat lemas dan pusing. Orang juga cenderung akan makan berlebihan jikasarapan setelah berolahraga.

Apa manfaat sarapan sebelum olahraga pagi?

Tubuh memecah makanan yang Anda telah dalam bentuk glukosa dalam darahatau energi tersimpan yang disebut glikogen, yang disimpan di dalam hati danotot. Memiliki jumlah glukosa yang cukup akan membuat tubuh memproduksi energioptimal saat melakukan olahraga.

Hal ini juga dapat mencegah Anda mengalami tingkat glukosa yang rendah,yang disebut hipoglikemia, yang dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Minumcairan atau makan makanan yang mengandung air sebelum Anda berolahraga jugabermanfaat untuk menghindari dehidrasi, yang juga merusak kinerja.

Sumber: ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar