Rabu, 09 November 2011

Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Anemia



Bila tidak ditangani dengan baik, anemiaatau kurang darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu,segera obati anemia dengan nutrisi tepat atau suplemen penambah darah. Beberapajenis buah-buahan juga bisa meningkatkan jumlah sel darah merah.

Anemia atau yang biasa dikenal sebagaipenyakit kurang darah merupakan suatu gejala yang disebabkan karena kurangnyazat besi di dalam tubuh. Zat besi sendiri merupakan bahan dasar dalampembentukan hemoglobin pada darah yang membawa banyak oksigen. Rendahnyakandungan besi (Fe) pada tubuh penderita anemia menyebabkan sel darah merahyang diproduksinya pun sedikit.

Beberapa makanan yang baik untuk anemiadiantaranya tiram, udang, hati sapi, daging, telur, susu, kacang polong hijau,kacang tanah, kedelai, dan sayuran hijau.

Ada pula beberapa buah-buahan yang dapatmeningkatkan jumlah sel darah merah, seperti dilansir Livestrong.

1.   Vitamin A
Selain penting untuk kesehatan mata,vitamin A juga penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Vitamin Ajuga membantu dalam mobilisasi zat besi dari untuk dimasukkan ke dalamhemoglobin, pigmen yang mengangkut oksigen. Buah-buahan yang merupakan sumbervitamin A seperti aprikot, melon, jeruk, plum, mangga, semangka dan buah yangdikeringkan.

2. Vitamin B kompleks
Beberapa vitamin B kompleks penting untukproduksi dan fungsi sel darah merah. Di antaranya adalah B-12, B-6, B-5 ​​tiamin dan riboflavin. Sementara B-12 berasal dari produkhewani, vitamin B kompleks lainnya secara luas didistribusikan ke seluruh pasokanmakanan. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin B kompleks antara lainpisang, kurma, mangga, anggur, nanas, semangka, melon, alpukat dan buah delima.

3. Vitamin C
Vitamin C sangat meningkatkan kemampuantubuh untuk menyerap zat besi nonheme, yang membuat naik sekitar dua pertigadari jumlah zat besi diserap, menurut Linus Pauling Institute. Buah yang kayavitamin C antara lain buah jeruk, lemon, jeruk nipis, strawberry, kiwi, mangga,pepaya dan nanas.

4. Zat besi
Zat besi sangat penting untuk strukturdan fungsi sel darah merah. Zat besi merupakan komponen dalam perumusanhemoglobin, yang sangat penting untuk transportasi dan penyimpanan oksigen.Buah yang merupakan sumber zat besi yang baik meliputi kismis, plum, alpukat,blackberry, ceri, anggur, semangka, raspberry dan buah ara.

5. Mineral
Tembaga dan fosfor memainkan peran dalamkesehatan dan fungsi sel darah merah. Linus Pauling Institute mengatakantembaga membantu dalam metabolisme zat besi, sedangkan fosfor membantuhemoglobin dalam pengiriman oksigen ke jaringan tubuh. Buah yang kaya fosfordan tembaga antara lain kiwi, kurma, mangga, alpukat, blackberry dan delima.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar