Jumat, 11 November 2011

Jenis-jenis Mie dan Sejarahnya Sejak 4000 Tahun Silam


Selama bertahun-tahun, asal usul mie masih menjadiperdebatan. Masih simpang siur siapa yang pertama kali membuatnya. Beberapapendapat mengatakan bahwa mie pertama kali dibuat di daratan Mediterania. Lainlagi mengungkapkan teknologi pembuatan mie dikembangkan di Timur Tengah.

Ada pula sebuah catatan tua yang merekam bahwa miepertama kali dibuat saat jaman Dinasti Han di China tahun 25-200. Kemudian padatahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan China.

Penemuan ini menjadi bukti bahwa penduduk Chinamodern adalah yang pertama membuat mie. Namun, apakah teknologi pembuatannyadiadopsi dari Timur Tengah atau tidak, masih terus menjadi perdebatan.


Penemuan Mie Tertua Berumur 4000 Tahun

DariMie untuk Pasta
Banyak orang yang juga menyangka bahwa mie berawaldari pasta sehingga menunjuk Italia yang pertama membuat mie.

Namun, banyak sejarahwan percaya bahwa ketikaMarco Polo berkunjung ke China pada abad ke-13, dia menyukai mie dan membawanyake Italia dan memengaruhi masakan di negaranya. Pada kenyataannya, mie tidakmenjadi makanan pokok di Italia sampai abad ke-17 dan 18.

Di benua Asia, mie tidak begitu banyak menyebarsampai kira-kira tahun 100. Pada tahun tersebut, mie mulai dikenal dan disukaidi beberapa negara seperti, Jepang, Korea, Vietnam, Laos, bahkan sampainegara-negara pulau di Asia Tenggara dan Asia.

Arti Mie
Dalam budaya China, mie adalah simbol kehidupanyang panjang. Makanya, mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulangtahun dan saat Tahun Baru Cina sebagai lambang umur panjang. Sehingga versi kueulang tahun China adalah mie ulang tahun.

Di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minumteh Jepang dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut.Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II, ketikakekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

Jenis Mie
Ada beberapa jenis mie yang terkenal di daratanAsia. Entah itu dibuat tipis atau tebal, pipih atau bulat, terbuat dari gandumatau beras, setiap jenis mie memiliki sejarah tersendiri dalam dunia kuliner dinegaranya.

Menelusuri penggunaan dan sejarahnya, memang cukuprumit karena menyangkut budaya kuliner antar negara selama berabad-abad.

1. La Mian Mie


Mie tertua yang pernah ditemukan menyerupai Mie LaMian modern di China. La Mian secara harfiah berarti "mie tarik." Mieini dibuat dengan tangan dan terbuat dari gandum.

Caranya, adonan mie dipelintir dan ditarik sampaipanjang yang kemudian dipotong tipis-tipis. Mie jenis ini digunakan dalam supdan kentang goreng.

La Mian Mie mirip dengan Mie Lo Mein Kanton, tapijauh lebih tipis daripada kebanyakan Mie Lo Mein yang disajikan di Amerika.

2. Mie Ramen


Banyak yang bilang kalau Mie Ramen dibuatberdasarkan Mie La Mian. Itu karena bukti bahasa dimana dalam bahasa China,“Ramen” berarti “Lamian”.

Begitu juga sebaliknya, di mana mie yang dipakaidalam Ramen disebut “Chuka Men” dalam bahasa Jepang atau “Mie China”.

Bentuk Chuka Men sangat tipis, mie gandum ini jugasering digunakan untuk masakan Jepang lainnya, seperti Champon (daging babigoreng dengan seafood, sayuran dan kaldu).

Sama halnya dengan masakan populer di Korea,Yakisoba atau mie goreng yang mirip dengan Chow Mein di China. Fakta inimenunjukkan bahwa memang benar terjadi pertukaran budaya kuliner di China danAsia Timur.

3. Mie udon


Mie gandum yang tebal ini dikenal dengan Udon diJepang. Biasanya disajikan dalam sup kaldu yang hangat disajikan dengan daunbawang. Udon kemungkinan berasal dari China yang dikenal dengan Cu Mian.

Dikatakan bahwa biksu Jepang pada tahun 800-an,membawa Udon dari China sekaligus membuktikan bahwa mie memang sudah membudayapada kultur masyarakat Budha di Jepang.

4. Mie Soba


Mie soba berbentuk tipis dan populer di Jepang.Mie Soba digunakan untuk membuat sup tradisional yang didinginkan dan dimakandengan saus.

Mie ini telah dikonsumsi selama berabad-abad danmenjadi makanan pokok di wilayah Tokyo selama periode Edo.

Ketika kaya, wilayah ini mulai lebih memilih nasiputih yang rendah tiamin. Mie Soba bukan hanya enak, tapi juga merupakan sumbernutrisi yang diperlukan tubuh.

5. Mee Pok


Mee Pok berbentuk datar, mie gandum kuning berasaldari Cina ini, dimakan dengan saus atau disajikan dalam sup jamur dan dagingcincang di atasnya.


Sajian ini juga disebut Bak Mee Chor di Singapura,Thailand, dan Malaysia. Secara tradisional, Mee Pok dibuat dengan caradikeringkan dan dicampur dengan saus atau kaldu. Sajian lain yang sama, tapidengan campuran ikan atau kue bola ikan, adalah Yu Wan Mee.

6. He Fen dan Mie Pho


Mie beras yang pipih ini, dikenal juga sebagai HorFun atau Shahe Fen dan berasal dari China. Biasanya digoreng dengan daging sapiuntuk membuat Chao Fen atau disajikan dalam sup.

Akulturasi terjadi di Thailand di mana banyakmakanan goreng berbasis makanan China, menggunakan mie jenis ini. Begitu jugadengan di Vietnam yang menggunakannya dalam membuat Pho.

7. Soun


Soun yang dikenal juga sebagai mie kacang hijau,mie kacang benang, atau bihun China ini, secara tradisional terbuat dari patikacang hijau.

Saat ini, soun dapat dibuat dari ubi, kentang,atau singkong. Di seluruh China, Soun dimakan dengan kentang goreng ataudicampurkan dalam sup.

Soun juga menyebar ke Jepang, Korea, Vietnam, danbeberapa negara di Asia Selatan, di mana mereka menggunakan Soun dalam masakangoreng, lumpia, dan bahkan makanan penutup.

8. Bihun


Mie Bihun sangat tipis, mirip dengan Soun danterbuat dari tepung beras, bukan kacang hijau atau pati kentang.

Bihun dikonsumsi di seluruh Asia, tetapi populerdi Singapura ketika mereka menggunakannya dalam membuat Mie Sate Kacang (SatayBeen Hoon) atau digoreng seperti Hokkien Mee.

Bihun juga digunakan di Filipina dan dikenaldengan Pancit yang digoreng dan dimakan pada hari ulang tahun.

9. Idiyappam


Mie tipis terbuat dari beras atau gandum inipopuler di India dan Sri Lanka dan dikenal dengan nama Idiyappam. Mie iniseperti Ramen atau nasi bihun dan sering disajikan bersama dengan kari danacar.

10. Dotori Guksu


Dotori Guksu adalah mie Korea yang unik terbuatdari biji pohon ek. Mengingat sejarah panjang makanan berbasis biji-bijian danmie di Korea, kemungkinan mie ini telah dimakan selama beberapa milenium diKorea.

Mie yang terbuat dari biji-bijian dan tepung ini,mirip dengan Mie Soba dimakan dengan campuran kentang goreng, disajikan dengansaus, dan lebih banyak dimakan dalam keadaan dingin.

Seperti uraian sejarah mie di atas, para praktisikuliner memang tidak membaginya dalam negara. Tapi, lebih kepada bahan bakuumum pembuatan mie yang dapat ditemukan di negara-negara Asia di mana letaknyasaling berdekatan.

Pastinya, sampai sekarang mie masih menjadi elemenpenting dalam kuliner Asia dan menjadi inspirasi buat masakan Asia Fusion.

Sumber : ForumkamiNET



Tidak ada komentar:

Posting Komentar