Sabtu, 19 November 2011

Mengenal Penyakit Osteokondritis Disekans



Osteokondritis Disekans adalah suatukondisi di mana suatu bagian tulang rawan sendi lepas dari ujung tulang bersamadengan lapisan tipis tulang di bawahnya. Gangguan ini paling sering terjadipada pria muda, terutama setelah cedera sendi

Lutut merupakan bagian tubuh yangpaling sering terkena selain sendi lainnya, termasuk bahu, pinggul siku, danpergelangan kaki. Jika potongan tulang rawan yang longgar dan tulang tetap ditempatnya, letakkanlah berdekatan dengan tempat terpisahnya.

Hal ini dapat sedikit meringankan ataumenghilangkan gejala dan sering dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatandengan cara pembedahan mungkin diperlukan jika bagian yang terlepas menyebabkanmacet pada pergerakan sendi.

Gejala
Tanda dan gejala Osteokondritis Disekans meliputi:
1.    Nyeri. gejala yang paling umum. Dapat dipicu oleh aktivitas fisikseperti; naik turun tangga, mendaki bukit atau permainan olahraga.
2.    Penguncian. Sendi mungkin terkunci dalam suatu posisi tertentujika sebuah potongan yang lepas terselip di antara tulang selama terjadigerakan.
3.    Lemah. Terkadang sendi terasa melemah.
4.    Penyempitan rentang gerak. Pasien mungkin tidak dapat meluruskankaki atau tangan sepenuhnya.
5.    Pembengkakan dan nyeri. Kulit di sekitar sendi dapat menjadibengkak dan sakit.

Penyebab
Osteokondritis Disekans disebabkanoleh penurunan aliran darah ke ujung tulang yang terkena. Dapat juga disebabkankarena tekanan ringan yang berulang-ulang.
Cedera ringan yang dialamiberkali-kali seringkali tak disadari dan dapat merusak ujung tulang yangterkena.
Ada juga kemungkinan faktor genetik yang terlibat, sehinggamenyebabkan beberapa orang cenderung lebih berisiko mengalami gangguan ini.

Perawatan dan obat-obatan
Pengobatan Osteokondritis Disekansditujukan untuk mengembalikan fungsi normal sendi yang terkena dan meringankanrasa sakit serta mengurangi risiko osteoarthritis. Tidak ada pengobatan tunggalyang efektif untuk semua orang.
Pada anak-anak yang tulangnya masihtumbuh, cacat tulang dapat sembuh dengan cara banyak istirahat.

Terapi
Awalnya, dokter akan merekomendasikantindakan sederhana namun efektif dalam kebanyakan kasus, yaitu:
Mengistirahatkan sendi. Hindarikegiatan yang menekan sendi seperti melompat dan berjalan. Gunakan tongkatpenyangga untuk sementara waktu, terutama jika nyeri menyebabkan lemas.
Terapi fisik. Meliputi latihanperegangan, gerakan perentangan dan latihan penguatan otot yang menyokongsendi.

Operasi
Jika pengobatan sederhana tidak cukupmembantu, mungkin diperlukan pembedahan untuk menghilangkan fragmen yanglonggar atau memasang kembali fragmen tulang. Prosedurnya dapat menggunakanarthroscopically, memasukkan kamera serat optik dan alat-alat bedah melaluisayatan kecil di sekitar sendi.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar