Senin, 14 November 2011

Makna 7 Takbir dan 5 Takbir pada Shalat Ied




Bagi kaum muslimin shalat ied merupakan waktu yangpaling dinantikan setelah melaksanan kewajiban puasa selama sebulan penuh.Selain dapat berkumpul dengan keluarga, momen ini juga sangat ditunggu-tunggukarena seperti yang kita ketahui di hari itu kita bisa kembali dalam keadaanfitri layaknya bayi yang baru lahir. Namun apakah kita tahu makna dari 7 takbirpada rakaat pertama dan 5 takbir pada rakaat kedua pada saat shalat ied?Mungkin yang belum paham arti dari takbir-takbir tersebut akan menghitungsetiap takbir yang ada ketika shalat. Namun jika kita memahami maknatakbir-takbir tersebut, kita tidak perlu menghitungnya dan hanya mengikutimakna-makna yang akan ane jelasin sebentar lagi.

Makna 7 takbir pada rakaat pertama adalah bertujuanuntuk membersihkan alat-alat dosa yang berada di kepala kita. Yaitu mata kanan,mata kiri, mulut, telinga kanan, telinga kiri, lubang hidung kanan, dan lubanghidung kiri. Seperti yang kita ketahui bahwa kedua mata kita sering sekalimelihat yang tidak seharusnya kita lihat. Tak dapat dipungkiri kedua mata kitakerap kali membuat dosa tanpa kita sadari. Begitu pula mulut kita, selamamenjalani hidup sudah pasti memiliki dosa. Berbicara yang tidak seharusnya,berkata dusta dan masih banyak dosa yang mampu diciptakan oleh mulut kita.Begitu pula kedua telinga kita, terkadang suka mendengarkan hal-hal yangseharusnya tidak boleh di dengarkan. Begitu pula kedua lubang hidung kita pastimampu menciptakan dosa yang tidak kita sadari. Maka disaat shalat ied kitadapat memohon ampun kepada Allah dengan cara, ketika takbir pertama maka kitaniatkan "Ya Allah saya sengaja mensucikan dosa mata kanan sayakarena Allah Ta'ala" dan di lanjutkan dengan membaca tasbih (Subhanallahwalhamdulillah walailahaillallahuallahuakbar). Begitu pula takbir keduasampai takbir yang ketujuh sama seperti takbir pertama, melakukan takbir denganmembacakan niat yang sama namun niatnya disesuaikan menurut alat-alat dosa yangada.

Kemudian makna 5 takbir pada rakaat kedua adalahbertujuan untuk membersihkan alat-alat dosa juga yang berada di tubuh kita.Lima alat dosa tersebut adalah tangan kanan, tangan kiri, kaki kanan, kaki kiridan yang terakhir adalah alat kelamin kita. Kedua tangan kita semasa hiduptentu telah banyak melakukan kesalahan dan dosa. Baik dosa kecil maupun dosakecil. Begitu pula kedua kaki kita, terkadang tidak sadar melangkahkan kaki ketempat yang tidak pantas kita kunjungi. Dan alat kelamin kita yang merupakanalat dosa yang harus benar-benar kita minta pengampunan dosa. Sebab alat dosakita yang satu inilah merupakan alat dosa yang paling produktif dalammenciptakan dosa. Cara yang dilakukan sama seperti pada rakaat pertama yakniketika takbir pertama niatkan "Ya Allah saya sengaja mensucikan dosatangan kanan saya karena Allah Ta'ala" dan di lanjutkan dengan membacatasbih (Subhanallah walhamdulillah walailahaillallahuallahuakbar).Begitu pula takbir kedua sampai takbir yang kelima sama seperti takbir pertama,melakukan takbir dengan membacakan niat yang sama namun niatnya disesuaikanmenurut alat-alat dosa yang ada.

Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar