Minggu, 13 November 2011

Sejarah Lambang Kuda Jingkrak Pada Logo Ferrari




Bilamendengar nama Ferrari, tentu kita tidak bisa melepas pikiran kita dari lambang'kuda jingkrak' yang memang telah menjadi logo Ferrari sejak lama. Tapi darimanakah logo ini sebenarnya lahir?

Usut punyausut, seperti dilansir caradvice, Kamis (29/9/2011) ide menjadikan gambar kudajingkrak sebagai logo Ferrari dicetuskan oleh seorang ibu rumah tangga bernamaCountess Paolina.

Ceritanya,pada tahun 1923 Enzo Ferrari yang merupakan pendiri Ferrari bertemu dengan ibudari pilot Perang Dunia I, Francesco Baracca yang bernama Countess Paolina.

Dipertemuan tersebut ibu Baracca menyarankan Enzo untuk menempatkan lambang kudapada mobil yang dia gunakan untuk balap.

Ketikaitu, karir Enzo sebagai seorang pembalap memang naik daun. Dengan lambang kudaitu, ibu Baracca berharap Enzo akan terus dilindungi keberuntungan.

Ada punlambang kuda yang dimaksudkan ibu Baracca sendiri merupakan lambang kuda yangditorehkan pada pesawat tempur yang digunakan oleh Francesco Baracca selamaperang dan menjadikannya pahlawan Italia.

Enzokemudian menuruti saran dari ibu Baracca tersebut dan menorehkan sebuah lambangkuda dengan background warna kuning. 'Perisai Ferrari' ini muncul untuk pertamakali pada tahun 1932 di mobil Alfa Romeo dari tim balap Scuderia yang berlagadi Spa Grand Prix di Belgia.

KetikaEnzo sudah memiliki cukup modal untuk membuat sebuah perusahaan mobil, tahun1947 lahirlah Ferrari 125 S yang merupakan mobil pertama yang dibangun diMaranello, Italia.

Mobil inimenampilkan sebuah emblem berbentuk kotak di kap mesin dengan bendera Italia dibagian atas.

KataFerrari disematkan di logo itu untuk menggantikan huruf 'S' dan 'F' yangmerupakan personifikasi dari Scuderia (S) dan Ferrari (F).

Sejak saatitu, antara Ferrari dan lambang kuda jingkrak pun seolah merupakan dua elemenyang tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan menjadi salah satu lambangperusahaan mobil paling ikonik di dunia.

Sebabketika berbicara soal Ferrari, lambang kuda jingkrak pasti terbawa. Dan ketikamelihat sebuah gambar kuda jingkrak, nama Ferrari pasti langsung terbayang.


Sumber: ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar