Sabtu, 12 November 2011

Manfaat Mentega Bagi Kesehatan Tubuh




Mentega boleh jadi merupakan sumber lemak. Namun,jika tahu bagaimana mengolah dan jumlahnya sesuai, mentega dapat memberikanmanfaat untuk tubuh. Mentega mengandung lemak yang berasal dari hewan danbersifat alami. Mentega merupakan hasil emulsi sederhana dari lemak susu,protein, dan air.

Mentega menjadi sumber makanan berenergi tinggiyang kaya vitamin A serta mengandung 700 kalori dalam 100 gramnya. Vitamin Apada mentega baik fungsinya untuk menjaga sistem kardiovaskular dalam tubuh.

Selain itu, mentega juga mengandung vitamin D yangmembantu pertumbuhan tulang dan gigi. Juga vitamin E serta selenium yangberfungsi menjaga sistem saraf dan kekebalan tubuh. Karena itu, janganburu-buru mengganti mentega Anda dengan margarin. Apalagi, banyak jenismargarin yang diproses dengan menambahkan bahan kimia ke dalamnya. Kandunganlemak jenuhnya pun bisa menyebabkan risiko penyakit jantung koroner danmeningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Meskipun mentega lebih aman untuk dikonsumsi, adabaiknya jumlahnya juga diperhatikan. Jangan makan cake ataupun kue-kue hinggamerasa kekenyangan. Makanlah secukupnya, satu atau dua potong cukup sehinggatidak akan membuat kegemukan ataupun menimbulkan jenis penyakit lain.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar