Minggu, 20 November 2011

Bau Mulut Disebabkan Karena Kekurangan Vitamin B




Gangguan baumulut mungkin terdengar sepele tapi cukup mengganggu. Beberapa hal diketahuisebagai bisa menyebabkan bau mulut, salah satunya ternyata akibat kekuranganvitamin B.

Mengonsumsipermen karet atau menggunakan obat kumur hanya memberikan solusi sementara,karena tidak mengobati penyebab dasarnya. Selain itu rajin menyikat gigi kadangtidaklah cukup.

Sekitar 10persen kasus bau mulut tidak berasal dari mulut, melainkan akibat kekuranganvitamin B yang menyebabkan bau mulut yang berasal dari dalam perut, sepertidikutip dari Mayoclinic, Sabtu (8/10/2011).

Vitamin Bkompleks berfungsi membantu tubuh membuat energi dari makanan. Ketika tubuhkekurangan vitamin ini maka enzim yang diproduksi untuk membantu mencernamakanan dan mengurangi bakteri dalam darah akan berkurang.

Kondisi inimenyebabkan adanya peningkatan 'limbah' dalam darah sehingga memicu timbulnyabau mulut. Gejala kekurangan vitamin B kompleks yang lain termasuk pusing,migrain dan diare.

Hal senadajuga ditemukan dalam hasil studi peneliti Evelyn Roehl yang menemukankekurangan vitamin B3 (niacin) akan menyebabkan bau mulut akibat penguranganproses metabolisme dalam tubuh. Umumnya orang dewasa harus mengonsumsi vitaminB3 sebesar 14-16 mg per hari.

Selainkekurangan vitamin B, ada pula beberapa penyebab lainnya seperti makanan(bawang, daging, susu, gula, telur, kopi dan alkohol), merokok, memilikigangguan mulut kering serta kebersihan mulut dan gigi yang buruk.

Untukmengatasinya bisa dengan memperbanyak minum untuk mencegah dehidrasi dan mulutekring, menghindari makanan pemicu bau mulut, menggunakan obat kumur yangmengandung asam folat jika bau mulut akibat adanya peradangan di gusi sertamemeriksakan ke dokter jika bau mulut tetap timbul.

Sumber :ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar