Sabtu, 05 November 2011

Sejarah berdirinya youtube




Mungkin kalau bisa di katakan web apa lagi yangsangat populer saat ini, Yuotube merupakan salah satu jawaban yang akan keluar.

Pada tahun 2007 Youtube mencapai puncakkesuksesannya dalam persaingan bisnis di internet setelah mereka memilikiribuan bahkan sampai jutaan member baik yang aktiv dan yang tidak aktic diseluruh dunia.

Semua pasti sangat familiar dengan situs yang satuini www.youtube.com . YouTubeadalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) paling populer saat ini.Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, sertavideo buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video diYouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki pluginFlash Player.

YouTube didirikan bersama-sama oleh ChadHurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang kesemuanya merupakankaryawan perintis paypai. Sebelum paypai, Hurley belajar desain di UniversitasIndiana Pennsylvania, sedangkan Chen dan Karim belajar ilmu komputerbersama-sama di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Nama domain"YouTube.com" diaktifkan pada 15 Februari 2005, dan situs dibangunpada bulan-bulan yang berikut. Pencipta-penciptanya memberikan orang sebuahpratinjau pada situs mereka pada Mei 2005 dan enam bulan kemudian, YouTubemuncul pertama kali secara resmi.

Serupa dengan banyak perusahaan teknologi yangbaru, YouTube mulai sebagai sebuah usaha didanai di sebuah kantor yang kecildan murah

kantor awal youtube
PadaNovember 2005, Sequoia Capital, perusahaan modal usaha dagang, investasiAS $ 3.5 juta; selain itu, Roelof Botha, rekanan perusahaan dan bekasCFO paypai, bergabung dewan direksi YouTube. Pada April 2006, Sequoiaberinvestasi lagi US $ 8 juta dalam perusahaan itu yang telah mengalamiPopularitas dan pertumbuhan yang pesat dalam hanya beberapa bulan pertamakeberadaannya.

Pada musim panas 2006, YouTube menjadi salah satusitus yang paling pesat pertumbuhannya dalam World Wide Web, dan ditempatkanoleh Alexa sebagai website yang kelima terpopular, yaitu jauh mengatasi inipertumbuhan situs MySpace. Menurut sebuah tinjauan pada 16 Juli 2006, 100 jutaklip ditonton di YouTube pada setiap hari, dengan sebanyak 65.000 video barudi-upload setiap 24 jam. Menurut Nielsen / NetRatings, Youtube dikunjungi olehhampir 20 juta pengguna setiap bulan, dengan sekitar 44% penontonnya adalahwanita, dan 56% pria. Grup yang berumur antara 12 sampai 17 tahun merupakanpenontonnya yang terutama. Keunggulan Youtube dalam pasar video online adalahsangat mengejutkan. Menurut situs Hitwise.com, YouTube menguasai 64% dari pasarvideo online di Inggris.

Pada 9 Oktober 2006, Youtube mengumumkan bahwa iaakan diperoleh oleh Google pada harga AS $ 1.65 miliar dalam bentuk saham.Perjanjian pembelian antara Google dan YouTube datang setelah YouTubemenandatangani tiga perjanjian dengan perusahaan-perusahaan media dalam satupercobaan untuk menghindari tuntutan pengadilan terhadap pelanggaran hak cipta.YouTube akan terus beroperasi secara independen, dan semua karyawan perusahaandan pendiri-pendiri bersamanya akan terus bekerja di dalam perusahaan.Transaksi untuk memperoleh YouTube selesai pada 13 November, dan merupakanpembelian Google yang terbesar sejauh ini.

Pada November 2008, YouTube mencapai persetujuandengan MGM, Lions Gate Entertainment dan CBS yang memungkinkan ketigaperusahaan tersebut memuat film-film dan acara televisi penuh di situs YouTube,asalkan disertakan iklan, sebagai langkah menyaingi situs-situs video lainnyaseperti Hulu, yang menampilkan bahan-bahan terbitan NBC, Fox, dan Disney.’’

Format video
Teknologi pemutar video YouTube berbasis AdobeFlash Player yang memungkinkan situs ini menampilkan video yang sebandingmutunya dengan teknologi-teknologi video ada (seperti Windows Media Player,QuickTime, dan RealPlayer) yang biasanya membutuhkan pengguna menginstal pluginbrowser untuk menonton videonya. plugin ini diperlukan untuk menonton videoFlash, tetapi hasil survei Adobe Systems menemukan plugin Flash sudah diinstaldalam 95% komputer pribadi.

Video-video yang diunggah ke YouTube oleh pemegangrekening biasa terbatas kepada 15 menit panjangnya. Ketika YouTube diluncurkanpada tahun 2005, video lebih lama bisa di-upload, tetapi batas 10 menitdikenakan pada Maret 2006 setelah pihak YouTube menemukan banyak video yangmelampaui panjang ini berbentuk cetak rompak film dan televisi. Account rekan(partner) diizinkan meng-upload video melebihi 10 menit asalkan diizinkan olehYouTube. Batas sepuluh menit dinaikkan ke lima belas menit pada Juli 2010.Partner accounts are permitted to upload longer videos, subject to acceptanceby YouTube. Ukuran File terbatas pada 2 GB untuk upload dari situs YouTube, dan20 GB dari penggunaan Advanced Uploader yang berbasis Java.

YouTube menerima Upload video dalam kebanyakanformat, termasuk. WMV,. AVI,. MKV,. MOV, MPEG,. MP4, DivX,. FLV, dan. OGG.YouTube juga mendukung 3GP, maka memungkinkan video di-upload langsung dariponsel.

Awalnya,YouTube hanya menyiarkan video dalam satu format, tetapi kini ada dalam tigaformat di samping juga format "mobil" untuk tontonan di ponsel.Format aslinya, yaitu mutu "biasa", menampilkan video berleraian320x240 piksel dengan kodek Sorenson Spark dan audio MP3 mono. Beginilahkebiasaan dalam streaming video ketika YouTube diluncurkan dahulu.

Video"bermutu tinggi" yang diperkenalkan pada Maret 2008, ditampilkan dileraian 864x480 piksel dengan suara AAC stereo. Format ini banyak menunjukkanpeningkatan dibandingkan mutu biasa. Pada November 2008, dukungan HD 720pdiperkenalkan. Pada masa yang sama, pemain YouTube diluaskan rasio aspeknyadari 4:3 ke layar lebar 16:9. Video 720p berleraian 1280x720 piksel dan disesuaikandengan kodek video H.264 dengan audio stereo AAC. Pada November 2009, dukunganHD 1080p diperkenalkan pula, pada leraian 1920x1080 piksel.

Dalam video yang di-upload pada 21 Juli 2009,insinyur perangkat lunak YouTube Peter Bradshaw mengumumkan bahwa parapengguna YouTube dapat mengupload video 3D. Video 3D ini bisa ditonton sepertivideo biasa, atau merasakan efek 3D dengan memakai kacamata khusus.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar