Minggu, 09 Oktober 2011

Asal Muasal Panjat Pinang



Panjat pinang berasal darizaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belandajika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, danlain-lain.yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi. Hadiah yangdiperebutkan biasanya bahan makanan seperti keju, gula, serta pakaian sepertikemeja, maklum karena dikalangan pribumi barang-barang seperti ini termasukmewah. sementara orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, paraorang-orang Belanda menonton sambil tertawa. tata cara permainan ini belumberubah sejak dulu.
Bisa dibayangkan kondisipada masa penjajahan, sementara warga negara Indonesia bersusah payah denganberlumuran keringat, para Penjajah Belanda dan keluarganya tertawa terbahakbahak melihat penderitaan Bangsa Indonesia. Dan mungkin saat ini, ketikaperayaan 17 Agustus, mereka masih tertawa terbahak bahak, menyaksikan bahwabudaya yang mereka buat dengan tujuan melecehkan Bangsa Indonesia, ternyatajustru di lestarikan.
Dan saat ini bentukpermainan ini masih bertahan hingga sekarang, ada pihak yang tidakmempermasalahkan sejarah permainan ini, tapi ada juga yang tidak setuju denganbudaya ini. Jika sejarah panjat pinang begitu menyakitkan mengapa harus dilestarikan.
Ada beberapa kontroversiseputar Panjat Pinang. Sementara sebagian besar Indonesia percaya itu adalahtantangan pendidikan yang mengajarkan orang untuk bekerja sama dan bekerjakeras dalam mencapai tujuan mereka, ada orang-orang yang mengatakan Panjat Pinangadalah tampilan merendahkan yang mengirimkan salah jenis pesan untuk pemudaIndonesia. Ada juga isu lingkungan mengurangi sejumlah besar kacang-pohon untuksuatu perayaan hedonistik.Apapun kontroversi yang ada Panjat Pinang selalumenjadi tradisi yang unik di negara Indonesia.

Sumber : ForumkamiNET


Tidak ada komentar:

Posting Komentar