Senin, 24 Oktober 2011

Asal Muasal Topi Koboi



John Batterson Stetson adalahseorang Amerika yang lahir di Orange, New Jersey tahun 1830. Sampai saat ininama Stetson melekat sebagai bagian dari istilah “the real Stetsonhat” atau yang umum kita kenal dengan topi koboi. Stetson menciptakanbentuk dan model topi tersebut secara tidak sengaja ketika sedangbekerja selaku penambang emas di Colorado. Stetson membuat topinya dari bahandasar bulu, karena selain kuat juga mudah untuk dibentuk sesuai dengan modelyang diinginkan.

Awal mulanyabentuk topi Stetson dianggap aneh atautidak lazim, bahkan kerap digunakan sebagai bahan lawakan dari koleganya. Namunlambat laun topi Stetson membuktikan bahwa keberadaannya sangat berguna.Sisinya yang lebar berfungsi sebagai proteksi terhadap air hujan, kemudian dikala cuaca panas, terdapat kantong udara pada ujung atas topi Stetson yangmemberikan insulasi terhadap kepala, sehingga suhu didalam topi tetap sejuk.Bahkan bagian kepala dari topi Stetson (crown head) dapat difungsikanuntuk mengambil air minum.

Berdasarkankisah yang diceritakan secara turun temurun, koboi pertama yangmenggunakan topi Stetson menebusnya seharga 5 dolar dalam bentuk emas. Kala itusang koboi bertemu dengan John Stetson dalam suatu perjalanan, sang koboitertarik akan topi Stetson dan memutuskan untuk membelinya.

Tahun1865, John B. Stetson memutuskan untuk mengakhiri petualangan “wild-wildwest-nya” dan menetap di Philadelphia, Pennsylvania. Stetson kemudianmendirikan rumah produksi topi outdoor dengan model yang dia temukan pertamakali (topi koboi, cowboy hat). Model pertamanya secara resmi dinamakan “Boss ofThe Plains”. Tahun 1886, perusahaan topi Stetson telah menjadi yang terbesar didunia dan pada tahun 1906, perusahaan ini telah memproduksi 2 juta topi koboi.Sampai saat ini model dasar dan cara pembuatan topi koboi Stetson tidak berubahbanyak sejak pertama kali diproduksi pada tahun 1865. Topi Stetson kemudianmelekat dengan legenda dunia “Wild West” seperti Buffalo Bill, Calamity Jane,Billy the Kid, Will Rogers bahkan Lucky Luke.

Tidakhanya “western hat”, perusahaan Stetson juga meproduksi “dress hat”, bahkanbagi kaum perempuan, Stetson membuat label khusus yaitu Stetson Lady. Selainitu produksinya juga merambah ke selendang, pernak pernik pakaian, tas, koperdan berbagai macam aksesori. Tahun 1970 Stetson merubah strategis bisnisnyadengan menutup pabrik di Philadelphia dan meneruskan produksi label Stetsondengan sistem lisensi lewat berbagai perusahaan manufaktur.

Sumber : ForumkamiNET


Tidak ada komentar:

Posting Komentar