Minggu, 09 Oktober 2011

Inilah Sejarah Burger



Burger atau Hamburger merupakanmakanan sejenis Sandwich. Terdiri dari roti bulat agak pipih dan dibelah dua.Ditengahnya disisipkan lempengan daging cincang berbumbu, disajikan dengan daunslada, irisan tomat, timun dan aneka saus. Kata burger merupakan singkatan darihamburger.
Dewasa ini ada banyak bentuk burger. Burger biasanyadisajikan dengan cara di grill, namun ada juga yang di goreng. Daging yangdigunakannya pun bermacam macam. Ada daging sapi ada pula daging ayam, ikan,udang, dan tahu untuk yang vegetarian. Ada yang diproses secara tradisional danmodern. Daging burger ada yang diolah secara tradisional dan pabrikan. Prosespabrikan umumnya bentuknya tipis-tipis dan mudah didapat di pasar swalayan.Daging burger jenis ini sudah banyak di pasaran dan masyarakat pun dapat denganmudah membuat variasi burger.
Burger atau Hamburger sudah dikenal ribuan tahun lalu. Ada banyak teori yangmengatakan asal mula burger ini. Ada yang menyebut burger pertama kali munculdi Hamburg, Jerman pada abad pertengahan. Saat itu Hamburg merupakan pusatpertemuan antar pedagang dari Arab dan Eropa. Saat itu para pedagang Arabsering makan makanan yang disebut Kibbeh, berupa daging kambing cincangdicampur dengan rempah-rempah lantas dipanggang. Penduduk Hamburg kemudianmulai berkenalan dengan makanan ini, hanya saja mereka menggantinya dengandaging sapid dan mengolahnya dengan teknik memasak ala mereka sendiri. Darisinilah kemudian munculah nama Hamburger Steak yang kemudian menjadi sangat popular.
Kata Hamburgerpertama kali muncul pada buku milik Delmonico restoran di New York pada tahun1834. Sedangkan roti untuk hamburger sendiri yang disebut bun, menurutsejarahnya muncul saat diciptakan oleh J. Walter Anderson, seorang koki istanadI tahun 1916. Semenjak itu daging burger dan roti bun bertemu menjadihamburger seperti dikenal sekarang ini.
Hamburger sekarang ini telah mendunia.Hampir disemua Negara dapat ditemui makanan khas ini. Saat ini hamburger tidakhanya dapat dinikmati di hotel hotel, restoran atau jarangan rumah makan cepatsaji, tetapi di mini café, counter pinggir jalan dengan aneka cita rasanya. DiIndonesia, hamburger bahkan sudah begitu populer terutama dikalangan anak-anak,remaja dan kaum muda. Rasanya yang enak dan mudah dinikmati di mana saja dankapan saja, sehingga menjadi makanan pilihan bagi kaum urban.
Burger vegetarian adalah burger yangdibuat bagi orang-orang vegetarian. “Daging” yang ada di burger vegetariansebenarnya terbuat dari sayuran, kacang tanah, produk susu, jamur, proteinkedelai, gluten dari tepung, telur, atau kombinasi. Burger vegetarian terkadangadalah makanan vegan.
Burger vegetarian saat ini berkembangdi beberapa restoran cepat saji di Amerika Utara, namun ketersediannya masihsedikit walaupun restorannya sama. Sejak April 2005, burger vegetarian tersediadi seluruh restoran Burger King dan beberapa Subways, begitu juga beberaparestoran cepat saji lainnya, seperti Red Robin, Chilis, Denny’s, JohnnyRockets, Ruby Tuesday’s dan Hard Rock Cafe. Banyak kafe “sendok plastik” jugamenyediakan burger vegetarian. Di negara vegetarian seperti India, McDonald’smenyediakan burger vegetarian, begitu juga dengan penganan lainnya.
Burger tanpa daging yang dibuat oleh Boca,Gardenburger, dan Morningstar Farms dijual di banyak supermarket di AmerikaSerikat dan Kanada.
Burger vegetarian pertama kali dibuat di Londonditahun 1982 oleh Gregory Sams, yang menyebutnya ‘VegeBurger’. Gregory dankakaknya Craig telah membuat restoran makanan alami di Paddington sejak tahun 1960.Sebuah hypermarket Carrefour di Southampton, terjual burger vegetarian sebanyak2,000 tiga minggu setelah pertama kali dijual, seperti yang dilaporkan koranThe Observer di tahun 27 Februari, 1983.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar