Kamis, 20 Oktober 2011

Penyebab IQ Pria Tampan Dan Wanita Cantik Lebih Tinggi




Pria tampan dan wanita cantik bisa dibilang kaumyang beruntung. Tak cuma memiliki fisik yang rupawan, dalam studi terbaru,mereka ternyata memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Studi yangmengambil sampel pria dan wanita terpilih asal Inggris dan Amerika menunjukkanbahwa mereka mempunyai IQ (intelligence quotient) 14 poin di atas rata-rata.

Temuan tersebut sekaligus mematahkan mitos tentangmanusia pirang yang bodoh atau memiliki masa depan yang suram. Menurut risetyang dilakukan London School of Economics, mereka diberkati karunia yang luarbiasa, tak cuma di sisi fisik tetapi juga kecerdasan.

Keturunan dari pasangan pria tampan dan wanitacantik cenderung mewarisi kualitas baik orang tuanya, dan kemudian meneruskangaris genetika yang bisa berlangsung turun-menurun.

"Daya tarik fisik yang lebih secara signifikanterkait dengan kecerdasan umum individu walaupun tanpa dipengaruhi hubungansosial, ukuran tubuh, dan kesehatan," kata Satoshi Kanazaw, peneliti LSEpada Sunday Times, yang dikutip VIVAnews dari Daily Mail, Kamis 20 Januari2011.

"Hubungan antara daya tarik dan kecerdasan umumini lebih kuat ditemui pada lelaki ketimbang perempuan," tandasnya.


Dalam penelitian lain, melalui kerangka stratasosial, ditemukan pula bahwa kaum hawa di kelas menengah cenderung memilikikecerdasan lebih tinggi daripada rekan mereka di kelas bawah atau pekerja.

Dari jutaan contoh yang melibatkan kecantikan dankecerdasan, beberapa di antaranya yang terpilih adalah supermodel Lily Coleyang berhasil masuk ke Cambridge University, aktris Kate Beckinsale yang jugalulusan Oxford, dan pemain keyboard D:Ream, Brian Cox yang juga merupakan ahlifisika.

Di Inggris, studi LSE meneumkan bahwa pria yang secarafisik tampan dan menarik memiliki IQ 13,6 poin di atas rata-rata, sementarawanita 11,4 poin di atas rata-rata.

Temuan ini berdasarkan National Child DevelopmentStudy yang melibatkan 17.419 responden, sejak usia mereka satu miggu pada Maret1958. Sejak masa kecil hingga mereka dewasa, mereka terus diberi serangkaiantes untuk memantau kemajuan akademik, kecerdasan, dan penampilan.

Sementara di AS, temuan diambil berdasarkan studiNational Longitudinal Study of Adolescent Health yang melibatkan sampel serupasejumlah 35.000 anak muda Amerika.

"Pendapat kami bahwa orang-orang cantik danrupawan lebih cerdas dari rata-rata murni sebagai hasil riset ilmiah. Ini bukansemata-mata digunakan sebagai resep untuk menilai atau menghakimi orang padaumumnya," pungkas Kanazawa.

Sumber ; ForumkamiNET



Tidak ada komentar:

Posting Komentar