Rabu, 26 Oktober 2011

Mengenal Sejarah Mikrobiologi



Beberapa ahli yang pertama kali berjasa dalamperkembangan mikrobiologi adalah Robert Hook (1665) danAnton van Leeuwenhoek serta beberapa ahli yang terlibat langsung padapengembangan teori kuman penyakit (the germ theory of disease). Salah satupenemuan terpenting pada sejarah biologi terjadi pada 1665 oleh Robert Hook.

Robert Hook merupakan ilmuwan yang berkebangsaan Inggris yangpertama kali menemukan Mikroskop. Ia telah melaporkan bahwa jaringan gabustumbuhan terdiri dari kotak kecil memiliki dinding dan mengusulkan denganistilah "cell" dan yang pertama kali membuat deskripsi mikrobia.

Anton van Leeuwenhoek (1674) merupakan ilmuwan yang berkebangsaan Belanda.Antan van Leeuwenhoek mikrobiologist (Bapak mikrobiologi) yang pertama kalimenggunakan mikroskop untuk melihat benda bergerak dari cairan lada yangterendam air hujan mikrobia yang disebut animalcules dan ditulis di dalamlaporan ke Royal Society of London. Leeuwenhoek merupakan ahli yang pertamakali menggambarkan bakteri dan protozoa dan menghubungkan mikrobiadengan penyakit.

TeoriGenerasi Spontan
Teori Generasi spontan menyatakan bahwa jasad hidup muncul secara spontandari bahan organik non hidup. Teori Generasi spontan dikenal dengan teoriabiogenesis.

TeoriBiogenesis
Louis Pasteur (1822-1895) dengan melalaui serentetan percobaan pada1861 mendemonstrasikan bahwa mikrobia terdapat dimana-mana di udara dan mengkontaminasikaldu steril, tetapi udara tersebut tidak memproduksi mikrobia.

Era EmasMikrobiologi
Ilmu mikrobiologi mengalami perkembangan yang pesat dan mengalamikejayaan berlangsung antara 1857-1914 terutama sejak penemuan Pasteur dan Kochyaitu penemuan agensia penyebab penyakit, peran immunitas di dalam pencegahandan pengobatan suatu penyakit.

Sumber: ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar