Senin, 31 Oktober 2011

Makanan-Makanan Pencegah Rambut Rontok




Melakukan diet sehat, tak hanya bermanfaat untukmenjaga penampilan tubuh ideal. Diet yang sehat juga bisa menunjang kesehatanrambut, termasuk mencegah kerontokan padarambut.
Jikarambut Anda mulai menipis dan botak Anda perlu segera mengatasinya. Adabeberapa modifikasi diet yang bisa membantu Anda mempertahankan kesehatanrambut. Tidak hanya untuk wanita, para pria pun bisa mengalami masalah sensitifpada rambut. Tak hanya sekedarmelakukan keramas, melakukan motifikasi diet juga bermanfaat untuk meningkatkankesehatan kulit kepala. Apa yang Anda makan, bisa sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh Anda, termasukrambut.
Agarrambut Anda terhindar dari rontok, berikut makanan yang bisa Anda konsumsiseperti dikutip laman Times of India:

Wortel
Tak hanya bagus untuk kesehatan mata. Kandunganvitamin A yang terdapat dalam wortel memberikan nutrisi yang sangat baik untukkulit kepala. Kulit kepala yang sehat bisa membuat rambut berkilau. Kandunganvitamin A dalam wortel juga mampu melembabkan dan menguatkan rambut sehinggatak mudah rontok. Diet sehat seimbangjuga sangat dianjurkan. Diet kaya protein, banyak mengonsumsi buah-buahan, dansayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan berlemak seperti salmon dan susurendah lemak juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan rambut.

Kacang Hijau
Meskipun kacang hijau tidak kaya antioksidan atauvitamin atau mineral tertentu, namun kacang hijau mengandung jumlah yangseimbang dari vitamin dan mineralseperti zat besi, seng dan vitamin kelompok B. Inipenting untuk menjaga kesehatan rambut.

Gandum
Tidak hanya sarat dengan serat yang membantumenjaga kesehatan jantung dan perut, oats atau gandum juga mengandungkonsentrasi tinggi zat gizi penting seperti seng, besi dan omega-6 asam lemak.Oats juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda sebagai (PUFA). Asam lemakomega-6 secara khusus penting untuk mempertahankan kulit normal, pertumbuhanrambut dan sebagai zat pembangunan. Karena nutrisi ini penting dan hanyadiperoleh melalui makanan, pastikan sarapan pagi Anda selalu menyertakan oats.

Udang
Dari berbagai macam makanan laut yang tersedia,udang termasuk makanan laut dengan kandungan protein tinggi. Udang jugamengandung vitamin B12, zat besi, seng yang sangat diperlukan untuk mencegahkerontokan rambut.

Kenari
Tidak mau kalah dengan gandum, kenari adalah salahsatu kacang yang paling hairfriendly. Tidak hanya mengandung omega-6 lebihbanyak, tapi juga penuh dengan kandungan nutrisi lainnya seperti seng, besi,vitamin B (B1, B6 dan B9), dan banyak protein. Namun, hati-hati, kenari jugamengandung selenium, mineral yang diketahui menyebabkan rambut rontok jikadikonsumsi terlalu banyak. Jadi segenggam kenari selama seminggu adalah jumlahyang ideal untuk mendapatkan manfaatnya.

Telur
Telur, sarat dengan nutrisi penting sepertiprotein, vitamin B12, zat besi, seng dan asam lemak Omega 6 dalam jumlah besar.Kekurangan salah satu vitamin dan mineral tersebut bisa menyebabkan kualitasyang buruk pada rambut. Tak hanya itu, kandungan biotin (vitamin B7) padatelur, juga perlu diketahui mampu memerangi kerontokan rambut.

Produk susu rendahlemak
Produk susu rendah lemak seperti susu skim danyoghurt merupakan sumber besar kalsium, mineral penting untuk pertumbuhanrambut. Mereka juga mengandung whey dan kasein. Tambahkan secangkir yogurt ataukeju ke daftar makanan Anda untuk membantu mencegah rambut rontok.
Perlu diketahui pula, stres dan terlalu banyakmenggunakan hair spray serta gel rambut, menjadi salah satu penyebab kerontokanpada rambut. Untuk itu, hindari stres yang berlebihan dan penggunaan produkkimiawi rambut yang berbahaya, termasuk menghindari paparan sinar matahari,polusi , air hujan dan debu yang berlebihan. Ini semua bisa menyebabkan rambutmudah kering, rapuh dan lemah.

Sumber : ForumkamiNET



Tidak ada komentar:

Posting Komentar