Senin, 24 Oktober 2011

Sejarah Perkembangan Ikan Cupang di Indonesia



Cupang hias merupakan ikan asli yang hidup di kawasan Asia TenggaraSeperti Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dll. Ikan Cupang sekarangmenjadi salah satu andalan expor Indonesia ke mancanegara. Dalam sejarahnyaikan cupang dahulu sekali hanyalah ikan yang hidup di daerah persawahan.

Tapi sekarang sudah sangat berbeda dari bentuk aslinya dahulu. karenaikan cupang sudah bermutasi menjadi ikan yang lebih cantik & menarik. Ikancupang di Indonesia di kenal dan di pelihara oleh sebagian masyarakat Indonesiasejak tahun 1960-an dan lebih banyak dikenal sebagai ikan cupang sawah. dankala itu ikan cupang penggemarnya hanyalah anak-anak dan belum dirambah olehkalangan orang-orang kaya.

Perkembangan Cupang
Perubahan terjadi pada tahun 1970. saat itu importir memperkenalkanjenis cupang baru. ada yang ekor pendek yang sekarang kita sebut dengan ikancupang aduan atau cupang laga. ada juga yang berekor panjang yang dulu kitakenal dengan cupang jenis slayer. kala itu yang baru muncul jenis slayer ekorlilin yang datang sebagai cupang hiasnya. kala itu ikan jenis ekor lilin initetap mendominasi sampai era tahun 1990-an. sampai ketika para penggemar cupangmemadukan atau mengawin silangkan mereka menjadi ikan yang lebih bervariasibentuk & warnanya.
Cupang hias jenis baru ini mempunyai ekor yang di hiasi tulang yanglebih menonjol keluar. ada yang berbentuk duri panjang, sisir tapi biasanyakita sebut jenis serit. dan yang menggelembung kita sebut Half Moon.

Bukan Hanya Ikan Aduan
Pada pertengahan tahun 1990-an, ikan cupang mulai diperlombakan dan dipamerkan keindahan fisiknya tapi mereka belum memisahkan kategorinya sepertisekarang yang memisahkan bentuk sirip maupun warnanya. semenjak adanya konteskonsep ikan cupang dahulu sebagai ikan aduan atau laga berubah menjadi ikanhias.

Kini ikan cupang bukan hanya untuk diadu, melainkan juga untukdinikmati keindahannya. Ikan cupang ini juga dipelihara, dikoleksi, dibudidayadan juga dijual sampai ke luar negeri. Begitulah yang dilakukan oleh parapenggemar ikan cupang yang tergabung dalam Komunitas Indo Betta Splendens(INBS)Maka tak heran, kalau Indonesia merupakanpenghasil ikan cupang hias terbesar kedua di dunia, setelah Thailand. Namunkalau cupang alam, Indonesia menjadi penghasil nomor satu didunia. Saat inikita memiliki sekitar 40 jenis cupang alam yang sudah diteliti.

Sumber: ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar